Yunsak El Hacon: Memimpin Bank Harus Fokus dan Kerja Keras

Yunsak El Hacon: Memimpin Bank Harus Fokus dan Kerja Keras

Yunsak El Hacon: Memimpin Bank Harus Fokus dan Kerja Keras
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

NAMA Yunsak El Halcon, Direktur Utama Bank Bank Jambi, ternyata popular bukan hanya di kalangan insan perbankan di Provinsi Jambi. Usut punya usut, dalam diri El ternyata mengalir darah keluarga birokrat dan beberapa sanak saudaranya pernah menjadi pejabat daerah. Lantas, dengan darah dan popularitasnya membuat El, tertarik mengikuti jejak para kerabatnya itu?

Ketika berkesempatan tatap muka secara virtual antara Jakarta-Jambi dengan Infobank, pada Senin, 10 Januari 2022, El mengatakan tidak tertarik dengan politik. “Saya sekarang sedang fokus memimpin Bank Jambi. Tantangan perbankan saat ini tidak mudah, menuntut fokus dan kerja keras. Saya tidak mau pusing dengan politik,” tandas bankir kelahiran Malang, 8 Desember 1964 ini.

El mengatakan, memimpin Bank Jambi agar lebih berkembang di tengah tantangan persaingan dan dampak pandemi COVID-19 adalah amanah yang kini dipegang teguh sehingga dirinya tidak boleh tergoda oleh jabatan-jabatan lain. Karena kepemimpinan yang fokus kepada kemajuan institusi yang dipimpinnya, El sudah memperlihatkan hasil berupa kemajuan maupun prestasi di banknya.

Per Desember 2021, Bank Jambi memiliki market 25,54% dari total simpanan perbankan se-provinsi Jambi sebesar Rp41,5 triliun, dan 16,59% dari total pinjaman yang mencapai Rp54 triliun. “Saya pikir ini cukup lumayan. Tapi kami tidak berpuas hati. Dan kami masuk ke digital dan UMKM untuk memperluas pasar,” ujar El.

Lalu, apakah setelah kontrak kerjanya di Bank Jambi pada 2024 habis baru El baru tertarik terjun ke dunia politik? Jawaban El masih sama. Dia lebih tertarik mengajar ketimbang terjun ke dunia politik. El yang saat ini menjadi dosen program doktor di Universitas Negeri Jambi berobesesi ingin mendirikan pesantren, masjid, dan memperdalam ilmu agama.

Lalu, strategi apa yang dilakukan oleh El dalam menahkodai Bank Jambi yang genap berumur 59 tahun pada 8 Januari 2022 lalu, sehingga mampu melewati segala rintangan? Apa kunci penting dalam mengembangkan dan memajukan bank dan apa yang dilakukan Bank Jambi agar bisa memaksimalkan perannya dalam mendukung perekonomian daerah Jambi? Simak selengkapnya hasil wawancara Ayu Utami Saraswati dan Erman Subekti dengan Yunsak El Hacon di Majalah Infobank Nomor 526 Februari 2022. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]