OJK Ungkap 11 BPD Sedang Proses Penuhi Modal Inti

OJK Ungkap 11 BPD Sedang Proses Penuhi Modal Inti

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 11 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang sedang berproses untuk memenuhi modal inti minimum (MIM).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae OJK mengatakan, BPD tersebut diantaranya akan melakukan kelompok usaha bersama (KUB) sebagaimana diatur dalam POJK KUB.

Baca juga: OJK Dorong BPD Jangan Ragu Bentuk KUB Terintergrasi

“OJK terus mendorong dilakukannya konsolidasi melalui pembentukan KUB BPD dalam rangka penguatan BPD dan pemenuhan ketentuan MIM,” kata Dian seperti dikutip 13 Desember 2023.

Selanjutnya, OJK juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina BUMD dalam memfasilitasi dan memonitor proses pembentukan KUB BPD sehingga diharapkan kedepannya dapat mewujudkan BPD yang sehat, efisien, berintegritas, dan berdaya saing.

Seperti diketahui, perkembangan BPD saat ini terpantau stabil dengan kredit yang tumbuh 6,05 persen secara tahunan (yoy) dan DPK (dana pihak ketiga) yang tumbuh sebesar 1,21 persen yoy.

Baca juga: OJK Terus Dorong BPD Action Plan Kejar Modal Inti

Adapun, rasio permodalan (CAR) BPD tetap tinggi di level 22,62 persen dengan NPL (non performing loan) net yang terjaga di 1,94 persen.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa BPD masih berpeluang besar untuk meningkatkan ekspansi kredit, beroperasi secara efisien serta mampu menghasilkan laba,” ungkap Dian. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News