Jokowi Pamer Sukses Ambil Alih Tambang Raksasa Freeport hingga Newmont

Jokowi Pamer Sukses Ambil Alih Tambang Raksasa Freeport hingga Newmont

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil mengambil alih aset negara, yakni sejumlah tambang raksasa di Indonesia yang dikelola oleh pihak asing. Di antaranya tambang Freeport di Papua, Blok Rokan di Provinsi Riau, serta Newmont di Nusa Tenggara.

“Kita juga telah mengambil kembali aset kita yang selama puluhan tahun dikelola oleh pihak asing, yang selama puluhan tahun diambil manfaat besarnya oleh pihak asing, seperti Freeport, Blok Rokan, dan Newmont. Alhamdulillah, semua itu bisa kita ambil alih kembali,” ujar Jokowi di Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada Sidang Tahunan MPR RI, Jumat 16 Agustus 2024.

Baca juga: Jokowi Patok Defisit APBN Tahun Pertama Prabowo Rp616,2 Triliun

Selain itu, Jokowi juga mulai mengarahkan Indonesia untuk membangun ekonomi berkelanjutan menjadi prioritas. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun ekonomi hijau.

“Indonesia memiliki potensi besar di sektor energi hijau, yaitu sekitar lebih dari 3.600 GW, baik dari energi air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi,” jelasnya.

Baca juga: 10 Tahun Menjabat, Jokowi Pamer Sudah Bangun Jalan Tol, Pelabuhan hingga Bandara Baru

Jokowi pun menegaskan bahwa pemerintah akan terus konsisten untuk mengambil bagian dalam langkah dunia melakukan transisi energi secara hati-hati dan bertahap. 

“Transisi energi yang ingin kita wujudkan adalah transisi energi yang berkeadilan, yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat,” kata Jokowi. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News