Bangun Rumah Tahan Gempa Dengan Asuransi

Bangun Rumah Tahan Gempa Dengan Asuransi

Indonesia merupakan negara kepulauan kerap kali dilanda gempa. Keluarga dan rumah anda tak lepas dari ancaman gempa setiap saatnya.  Oleh karena itu, anda perlu memberi perhatian lebih pada konsep rumah yang tahan gempa. 

Berikut adalah konsep-konsep rumah tahan gempa yang dapat anda terapkan ketika membangun sebuah rumah:

1. Perhatikan daya tahan pondasi

Daya tahan pondasi menjadi hal krusial pada saat anda membangun rumah. Semakin baik pondasi, semakin kokoh bangunan anda terhadap gempa. Pastikan pondasi rumah anda tertanam ke permukaan tanah yang keras minimal sedalam 60-75 cm. Selain itu, pastikan anda menggunakan material dengan komposisi dengan kualitas terbaik untuk membangun pondasi, seperti pasir halus, kerikil, air, dan semen yang presisi. Sehingga, retakan-retakan kecil penyebab roboh bangunan dapat dicegah.

2. Perhatikan kualitas tanah dan perencanaan denah

Kualitas tanah sangat mempengaruhi ketahanan rumah pada getaran. Pastikan anda memilih tanah yang padat dan keras untuk membangun pondasi. Sehingga ketika gempa, tidak akan terlalu mengubah permukaan tanah. Sebisa mungkin hindari plastic soils. Tanah tersebut akan berkurang kekuatannya ketika terkena air khususnya di daerah yang sering hujan.

3. Perhitungkan ketinggian rumah

Jangan lupa untuk mempertimbangkan ketinggian rumah. Anda perlu pikirkan tinggi rumah dan jumlah lantai yang dibangun. Tinggi rumah dan banyaknya jumlah lantai akan menentukan beban yang ditanggung oleh pondasi rumah. Tentu pondasi harus kuat menahan beban rumah dan getaran ketika gempa terjadi. Sehingga, anda perlu memikirkannya matang-matang.

4. Pilih bahan material rumah

Untuk membangun tumah yang tahan gempa, pastikan anda memilih material yang lebih ringan. Material yang ringan akan lebih tahan gempa. Semisal, anda dapat mengganti jenis atap konvensional menjadi baja ringan. Sehingga, beban rumah akan lebih ringan saat terjadi gempa.

5. Lindungi rumah dengan asuransi

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Bagi anda yang akan membeli atau membangun sebuah rumah, anda perlu melindungi aset berharga dengan asuransi. Dengan asuransi, anda tak perlu khawatir akan bencana atau kerusakan lain yang akan menimpa rumah. Asuransi Tugu dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang belum memiliki asuransi perumahan.

Dengan pengalaman selama lebih dari 37 tahun, Asuransi Tugu akan memberi perlindungan maksimal pada rumah dan harta benda anda. Anda dapat memilih varian produk dari asuransi tugu sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk gempa, Asuransi Tugu memiliki produk asuransi properti. Polis asuransi ini akan memberikan manfaat asuransi terhadap kerugian atau kerusakan pada suatu aset atau bangunan anda. 

Asuransi Properti Tugu juga telah dilengkapi Business Interruption Insurance sesuai dengan prinsip Syariah. Sehingga, anda dapat bebas memilih polis dengan prinsip konvensional maupun Syariah. 

Asuransi Properti Tugu akan menjamin semua risiko pertanggungan, yang memberikan ganti rugi atas kerugian dan/atau kerusakan harta benda yang disebabkan akibat kerusuhan dan huru hara, bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami, tanah longsor dan pencurian. Bersama Asuransi Tugu, anda semakin aman dan mantap dalam membangun rumah. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News