Sri Mulyani Ungkap Pemerintah Bakal Terus Tambah Stok Beras Lewat Impor

Sri Mulyani Ungkap Pemerintah Bakal Terus Tambah Stok Beras Lewat Impor

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah akan terus menambah stok beras di Indonesia melalui impor, guna mengendalikan harga beras di masyarakat.

“Kita akan terus menambah ketersediaan pasokan, terutama stok beras dari impor dan bahan makanan yang memang memberikan sumbangan pada inflasi,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK, Jumat 3 November 2023.

Baca juga: Ternyata Ini yang Jadi Biang Kerok Inflasi Oktober 2023

Bendahara negara ini berharap dengan adanya pasokan beras dari impor, akan dapat menurunkan harga dan ketersediaan pasokan yang memadai.

“Dengan adanya pasokan dari impor beras diharapkan dapat menurunkan harga, jumlahnya sangat memadai dan kemudian pemerintah juga membantu dari sisi daya beli,” imbuhnya.

Dalam hal ini, pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kilogram (kg) per keluarga penerima manfaat (KPM). Kebijakan ini diperpanjang hingga Desember 2023, yang sebelumnya hanya sampai November 2023 untuk 20,66 juta KPM.

Baca juga: Harga Beras Naik, Pemerintah Berikan Sinyal Kucurkan Bantuan Lagi

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk 18,8 juta KPM, guna mengatasi dampak El Nino. Bantuan ini diberikan selama 2 bulan yakni November-Desember 2023 sebesar Rp200 ribu per bulan.

“Untuk BLT cash diberikan kepada 18,8 juta kelompok penerima selama 2 bulan, November dan Desember,” jelas Menkeu. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News