Sebanyak 78 Perusahaan Pembiayaan Raih “Infobank Multifinance Award 2023”

Sebanyak 78 Perusahaan Pembiayaan Raih “Infobank Multifinance Award 2023”

Jakarta – Sebanyak 78 perusahaan pembiayaan (multifinance) berhasil meraih penghargaan “Infobank Multifinance Award 2023” dari Majalah Infobank. Penghargaan diberikan pada ajang “19rd Infobank Multifinance Award 2023” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Pemberian penghargaan “Infobank Multifinance Award 2023” ini didasarkan pada Rating 135 Multifinance Versi Infobank tahun 2023. Rating yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini didasari pada kinerja 135 perusahaan pembiayaan untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi periode tahun 2021 dan 2022.

Rating multifinance versi Infobank menggunakan pendekatan pertumbuhan dan rasio. Melalui pendekatan ini, gambaran nyata dari kinerja perusahaan pembiayaan dapat dinilai secara jelas. Setelah itu, merinci penilaian ke dalam 12 kriteria.

Baca juga: Sebanyak 59 Perusahaan Asuransi Raih “Infobank Insurance Award 2023”

Berdasarkan pendekatan pertumbuhan, ada empat kriteria, yakni aset, pembiayaan, modal sendiri, dan laba bersih. Sedangkan berdasarkan pendekatan rasio, ada delapan kriteria, yakni rasio pembiayaan terhadap aset total, rasio pembiayaan terhadap kewajiban, rasio kewajiban terhadap aset total, rasio kewajiban terhadap modal sendiri, rasio modal sendiri terhadap aset total, rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BO/PO), rasio return on average asset (ROA), dan rasio return on average equity (ROE).

Penggolongan kriteria tersebut berdasarkan standar deviasi dari angka-angka industri perusahaan pembiayaan. Perusahaan-perusahaan pembiayaan juga dikelompokkan berdasarkan jumlah aset.

Menurut Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto, adanya 78 perusahaan pembiayaan peraih “Infobank Multifinance Awards 2023” menunjukkan industri pembiayaan di Indonesia yang masih resilien. Perusahaan multifinance di Tanah Air terbukti memiliki kapasitas untuk beradaptasi secara cepat di tengah kondisi yang dinamis.

“Untuk itu, saya mengucapkan sukses dan selamat kepada pengelola 78 perusahaan pembiayaan yang berhasil meraih predikat kinerja sangat bagus di tahun 2022 lalu,” ujarnya.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto saat memberikan sambutan dalam Infobank Multifinance Award 2023.

Ke depan, kata Eko, seiring dengan reformasi pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di sektor institusi keuangan non bank (IKNB), industri multifinance menghadapi sejumlah tantangan. Setidaknya, ada dua tantangan.

Satu, bagaimana perusahaan mampu memenuhi kewajiban maupun kebutuhan modal yang makin besar. Dua, bagaimana perusahaan mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi yang sangat kompleks di era revolusi industri 4.0 dalam satu dekade ke depan.

“Isu perusahaan keuangan bukan cuma tuntutan kebutuhan permodalan, tapi kemampuan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasar, risiko yang makin kompleks termasuk dalamnya kejahatan keuangan,” ujar Eko.

Acara pemberian penghargaan “Infobank Multifinance Award 2023” diawali dengan Second Half Economic Outlook 2023 dengan tema “Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan Non-Bank”. Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadir memberikan Executive Lecture.

Hadir juga Suwandi Wiratno, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), yang memberikan special remarks mewakili industri multifinance.   

Baca juga: Tugu Insurance Raih Contact Center Service Excellence Award

Acara “19rd Infobank Multifinance Award 2023” yang juga bisa disaksikan di kanal Youtube InfobankTV ini terlaksana berkat dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, antara lain Asuransi Umum Bumida, Asuransi Cakrawala Proteksi, BCA Insurance, BCA Multifinance, Zurich Insurance, BCA Finance, SG Finance, Asuransi Tripa, China Taiping Insurance, BRI Insurance, Tugu Insurance, Jasa Raharja, Tob Insurance, BRI Life, Mega Insurance, Pertalife, BCA Life, Mandala Finance, Asuransi Astra, Clemont Finance, Maybank Finance, AXA Mandiri, Heksa Insurance, WOM Finance, MPM Finance, Intra Asia Insurance, Ciputra Life, CIMB Niaga Finance, FIF Group, Mega Finance, Spextra, Asuransi Candi Utama, dan Amitra.

Untuk mengetahui ke-78 perusahaan pembiayaan peraih “Infobank Multifinance Award 2023” bisa dibaca di Majalah Infobank edisi Juli 2023. Untuk mendapatkan edisinya bisa melalui Infobankstore.com. (*) 

Related Posts

News Update

Top News