Sah, Presiden Tunjuk Danareksa Jadi Induk Holding BUMN

Sah, Presiden Tunjuk Danareksa Jadi Induk Holding BUMN

Bersih-Bersih di BUMN Beri Sinyal Positif di Pasar
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk PT Danareksa (Persero) sebagai induk holding rupa-rupa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 113 Tahun 2021 tentang Perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 1976 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) “Danareksa”.

Holding yang dikepalai Danareksa ini akan menggandeng 21 perusahaan yang bergerak di beberapa lintas sektor usaha. Adapun lini usaha yang terdapat dalam klaster ini meliputi anak perusahaan bidang jasa keuangan, kawasan industri, sumber daya air, jasa konstruksi dan konsultansi konstruksi, manufaktur, media dan teknologi, serta transportasi dan logistik.

“Bahwa untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan perekonomian nasional khususnya peningkatan kapasitas usaha Badan Usaha Milik Negara dan/atau badan usaha lain, perlu mengubah maksud dan tujuan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa,” seperti tertulis pada poin pertimbangan beleid yang diterbitkan, Selasa, 23 November 2021.

Sebelumnya, nota kesepahaman pembentukan holding ditandatangani pada Rabu, 10 Maret 2021. Nota ini disepakati oleh Kementerian BUMN dan Danareksa yang kemudian ditandatangani Jokowi pada pada 10 November 2021 lalu.

Adapun beberapa anggota Holding Danareksa antara lain, PT PANN, Djakarta Lloyd, Iglas, PNRI, Yodya Karya, Virama Karya, Kliring Berjangka Indonesia, Balai Pustaka, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) atau KBN, Semen Kupang, Perum Jasa Tirta I dan Perum Jasa Tirta II, dan sebagainya. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mengefisiensikan rantai BUMN. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]