Permudah Akses, BUMN Bersinergi Bangun Jembatan

Permudah Akses, BUMN Bersinergi Bangun Jembatan

Permudah Akses, BUMN Bersinergi Bangun Jembatan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Mandiri) dan BUMN-BUMN Karya, bersinergi merealisasikan proyek renovasi jembatan-jembatan di daerah-daerah pelosok di Indonesia.

Salah satu jembatan yang telah rampung dibangun tersebut diresmikan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno di Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten, Jumat (8 Desember 2017).

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, jembatan merupakan infrastruktur penting karena memiliki beragam fungsi sekaligus, mulai dari fungsi ekonomi, sosial budaya, geografi, hingga fungsi kependudukan.

Dengan demikian, nilai sebuah jembatan sangat tinggi, terutama bagi masyarakat yang menggunakannya setiap hari.

“Inilah yang mendorong BUMN bersinergi dan memilih jembatan sebagai objek bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR),” kata Baiquni di Banten, Rabu, 13 Desember 2017.

Manfaat jembatan sendiri dari segi ekonomi antara lain adalah meningkatkan laju perekonomian masyarakat setempat, karena dengan jembatan akan muncul aktivitas ekonomi dalam bentuk pengiriman barang dan jasa diantara dua tempat yang dihubungkan oleh jembatan tersebut.

Ongkos ekonomi pun akan semakin rendah karena adanya efisiensi bahan bakar dikarenakan jarak tempuh yang semakin pendek.

Adapun dari sisi sosial budaya, sebuah jembatan dapat memberikan manfaat berupa kemudahan interaksi sosial antar masyarakat dari tempat yang dihubungkan oleh jembatan, karena arus komunikasi yang semakin mudah.

Kondisi ini dapat meningkatkan ketahanan kawasan karena ikatan persaudaraan antar daerah menjadi semakin erat, melalui hubungan silaturahmi yang terjalin dengan semakin mudah.

Jembatan juga dapat memberikan keuntungan geografi dan kependudukan, antara lain karena terjadinya peluang pembauran atau perpindahan tempat tinggal antar masyarakat dari dua tempat yang dihubungkan oleh jembatan.

Peralihan ini berpotensi menumbuhkan kawasan strategis baru yang dapat menjadi sumber penghasilan penduduk. Dengan kondisi itu maka timbul pemerataan kesejahteraan penduduk. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]