Penjualan Eceran Januari 2024 Diramal Susut, Ini Penyebabnya

Penjualan Eceran Januari 2024 Diramal Susut, Ini Penyebabnya

Jakarta – Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) mengindikasikan kinerja penjualan eceran pada Januari 2024 diprakirakan meningkat secara tahunan, namun terkontraksi secara bulanan.

Hal tersebut tecermin dari IPR (indeks penjualan riil) Januari 2024 yang tercatat sebesar 216,0 atau secara tahunan tumbuh 3,7 persen yoy.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan mayoritas kelompok, terutama kelompok barang lainnya khususnya pada subkelompok sandang sebesar 15,4 persen yoy.

Baca juga: Nilai Ekspor dan Impor RI Januari 2024 Turun, BPS Ungkap Penyebabnya

Disusul oleh kelompok perlengkapan rumah tangga Lainnya 5,4 persen yoy, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau 5,3 persen yoy. Sementara itu, Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi mengalami perbaikan meski masih berada pada fase kontraksi sebesar 21,8 persen yoy.

Penjualan Eceran Terkontraksi

Secara bulanan, pertumbuhan penjualan eceran diprakirakan terkontraksi 1,0 persen mtm, lebih rendah daripada bulan sebelumnya yang tumbuh 4,9 persen mtm.

Penurunan ini sejalan dengan normalisasi permintaan masyarakat setelah periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru serta faktor cuaca. 

“Sebagian besar kelompok tercatat menurun dan berada pada fase kontraksi, terdalam pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor -3,9 persen mtm,” jelas Erwin dalam keterangannya, Jumat, 16 Februari 2024.

Kemudian, kelompok lain yang tercatat terkontraksi antara lain subkelompok sandang 3,0 persen mtm, kelompok barang budaya dan rekreasi 2,7 persen mtm, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau -1,0 persen mtm.

Adapun pada Desember 2023, IPR tercatat secara tahunan tumbuh 0,2 persen yoy mencapai 218,1. Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh pertumbuhan penjualan pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Baca juga: Survei BI: Penjualan Eceran Masih Tumbuh Positif

Secara bulanan, penjualan eceran tercatat tumbuh 4,9 persen mtm, sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode HBKN dan libur tahun baru, serta strategi potongan harga dari pedagang eceran.

“Peningkatan terjadi pada mayoritas kelompok, terutama Subkelompok Sandang, Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau,” jelas Erwin. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News