Paling Efisien, QRIS Antarnegara Sabet Penghargaan Qorus Reinvention Asia Pasifik 2023

Paling Efisien, QRIS Antarnegara Sabet Penghargaan Qorus Reinvention Asia Pasifik 2023

Jakarta – Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, hingga saat ini telah memfasilitasi konektivitas pembayaran antarnegara di Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Penggunaan QRIS antarnegara tersebut juga terus bertumbuh positif dengan jumlah transaksi. Per Oktober 2023 tercatat ada sebanyak 59 ribu transaksi untuk negara Indonesia-Thailand dan Indonesia-Malaysia.

Berkat pertumbuhan positif tersebut, QRIS Antarnegara meraih gold award atau menjadi yang terbaik dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 untuk kategori “Operational Efficiency” yang dilangsungkan di Thailand, Rabu (22/11).

Baca juga: Implementasi QRIS Antarnegara, Netzme Pay Kini Bisa Digunakan di Singapura

Direktur Eksekutif, Erwin Haryono, mengatakan bahwa, kategori efisiensi operasional yang diraih tersebut menunjukkan bahwa QRIS telah berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran

Di mana, fasilitas aktivitas ekonomi antarnegara dapat diakses secara lebih mudah dan aman bagi masyarakat dan pelaku usaha, khususnya UMKM, serta mendukung konektivitas pembayaran dan inklusi.

“Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memenuhi kriteria di antaranya orisinalitas, yaitu sebagai ide yang unik, bermanfaat dalam jangka panjang, berlaku universal secara lintas negara, dan telah teruji,” ucap Erwin dalam keterangan resmi di Jakarta, 24 November 2023.

Baca juga: Jumlah Pengguna dan Transaksi QRIS Melonjak, Segini Jumlahnya

Adapun, Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan terhadap inovasi lembaga keuangan dalam skala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di suatu kawasan. Penghargaan ini bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan. 

Qorus yang berkedudukan di Prancis, merupakan lembaga independen yang berpengalaman 50 tahun di dalam memberikan konsultasi, penyelenggaraan acara, komunitas global sebagai katalisator lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital yang membantu kebutuhan masyarakat. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News