OJK Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kantor Daerah

OJK Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kantor Daerah

OJK
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Malang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat perannya dalam memperkuat pertumbuhan perekonomian melalui pengawasan dan pengaturan lembaga jasa keuangan, perlindungan konsumen sektor jasa keuangan, serta peningkatan inklusi dan literasi keuangan. Salah satu cara memperluas dampak kebijakannya adalah melalui kantor daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan keberadaan kantor OJK di daerah harus bisa meningkatkan perekonomian daerah dengan mendorong sumber-sumber perekonomian baru termasuk pembiayaan ke sektor UMKM di daerah. Pernyataan tersebut diungkapkan ketika meresmikan kantor OJK di Malang, Senin, 14 Maret 2022.

“Peran Kantor OJK di daerah sangat strategis dalam mendukung tiga hal prioritas di masa pandemi Covid-19 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan memanfaatkan sumber ekonomi baru, meningkatkan intermediasi lembaga keuangan dalam mendukung pembiayaan, dan memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan,” kata Wimboh Santoso.

Khusus untuk wilayah Malang, Wimboh menekankan agar Kantor OJK Malang memperkuat sektor UMKM yang selama ini menjadi andalan wilayah Malang, di sektor perdagangan, pertanian, dan pengolahan.

OJK juga mengimbau agar masyarakat menggunakan produk atau lembaga jasa keuangan yang legal dan resmi dari otoritas yang berwenang agar masyarakat tidak mengalami kerugian yang besar di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Malang Sutiaji berharap kantor representatif OJK di Malang ini dapat menjawab persoalan sektor jasa keuangan yang ada di daerahnya, terutama mengenai literasi keuangan masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat Malang dapat terhindar dari iklan dan penawaran investasi atau produk keuangan yang ilegal.

“Harapan kami dengan peresmian Kantor OJK Malang ini dapat memperkuat literasi keuangan kepada masyarakat, meningkatkan kurasi atau mendukung keberadaan dan perkembangan UMKM di kawasan Malang, serta meningkatkan akses keuangan daerah melalui TPAKD,” ujar Walikota Malang.

Seremonial peresmian gedung Kantor OJK Malang ini dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Edi Susetyo dan Mukhamad Misbakhun, Walikota Malang Sutiaji, Bupati Malang Sanusi, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Pemprov Jawa Timur yang diwakili Analis Kebijakan Pemprov Jawa Timur Heru Tjahjono. Turut hadir secara virtual Anggota Komisi XI DPR RI dan Dewan Komisioner OJK.

Komisi XI DPR RI Andreas Edi Susetyo dalam sambutannya juga menyambut baik peresmian Gedung Kantor OJK Malang dan menyampaikan harapan agar OJK dapat memperkuat perannya dalam perlindungan konsumen jasa keuangan.

“Begitu cepatnya perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan disrupsi sektor keuangan, maka sebagaimana amanat Undang-Undang, OJK harus bisa meningkatkan perlindungan terhadap investor dan konsumen. Semoga dengan adanya gedung ini dapat menjadikan kehadiran OJK semakin dirasakan langsung oleh masyarakat di Malang Raya, Pasuruan, Probolinggo. Dan, sinergi OJK bersama stakeholders terkait dapat ditingkatkan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat kawasan Malang,” tambah Andreas. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]