Mudahnya Merawat Mobil Saat Hujan Dengan Cara Berikut, Yuk Ikut Asuransi!

Mudahnya Merawat Mobil Saat Hujan Dengan Cara Berikut, Yuk Ikut Asuransi!

Mudahnya Merawat Mobil Saat Hujan Dengan Cara Berikut, Yuk Ikut Asuransi!
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Meski sudah memasuki musim kemarau, hujan masih kerap mengguyur wilayah Jabodetabek, terutama Ibu Kota. Bagi pengemudi mobil, kondisi hujan yang tiba-tiba turun memang kerap kali menjengkelkan, karena  membuat mobil kotor dan harus dicuci ulang. 

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa perawatan mobil yang harus dilakukan pengemudi, terutama setelah diguyur hujan. Apa saja? Simak tips-tips berikut ini.

1. Periksa kondisi mobil sebelum berjalan

Dengan cuaca yang tidak menentu, pastikan mobil anda dalam kondisi terbaik sebelum berjalan. Tujuannya untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan dalam kondisi hujan.Cek mesin dan kelistrikan mobil anda, pastikan dalam keadaan prima. 

Selain itu, cek juga peralatan pendukung mobil saat hujan seperti wiper dan air pembersih kaca. Periksa air pembersih kaca dan segera isi supaya tidak sampai kosong ketika dibutuhkan karena akan sangat menyulitkan kalau kaca kotor oleh air hujan.

2. Gunakan penutup kendaraan saat parkir

Karena hujan bisa turun kapan saja, gunakanlah penutup kendaraan saat memarkirkan mobil anda. Lakukan langkah ini bila anda parkir ditempat terbuka tanpa atap. Memang sedikit merepotkan, meskipun demikian mobil dan mesin anda bisa terlindung dari air hujan yang bisa mengguyur kapan saja. Selain itu, cat mobil anda juga akan terlindung dari air hujan. 

3. Hindari genangan air

Selama atau setelah hujan, genangan air kerap kali terbentuk di tengah jalan. Pastikan anda menghindari genangan-genangan ini karena berpotensi membuat mobil anda mogok. Jika genangan air cukup dalam, bukan tidak mungkin mobil anda bisa berhenti seketika karena mesin mobil terendam air. Biaya perbaikan yang harus anda keluarkan akan cukup tinggi apabila mesin mobil anda terendam seluruhnya. 

4. Jangan tunda cuci mobil

Kemudian, segera cuci mobil yang sudah terguyur hujan. Tujuannya agar  tidak timbul water spot atau jamur bodi dan jamur kaca. Selain itu, air hujan juga bisa merusak bodi mobil anda karena bersifat asam yang memicu tumbuhnya karat. Maka dari itu, jangan biarkan mobil anda kotor dan rusak karena air hujan.

5. Miliki asuransi kendaraan

Kemudian, untuk meminimalisir dan mencegah kerusakan, anda juga perlu melindungi mobil dengan asuransi. Jika belum memilikinya, Tugu Insurance dapat menjadi pilihan bagi anda.

Asuransi Tugu memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yakni T-Drive. Produk asuransi ini memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan. Selain itu, Tugu Insurance juga sigap melayani nasabahnya dengan layanan bantuan 24 jam, T-Rex  (Tugu Real Experience).

Layanan T-Rex akan memberikan pertolongan pertama pada kendaraan anda saat mengalami masalah di jalan. Layanan ini memberikan penanganan darurat pertama, dimulai dari kejadian ban bocor, jumper aki, hingga kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan di jalan raya. 

Anda tinggal menelpon pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]