Mobil Terendam Banjir, Lakukan Tips Ini 

Mobil Terendam Banjir, Lakukan Tips Ini 

Mobil Terendam Banjir, Lakukan Tips Ini 
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Hujan deras pada awal tahun 2020 menyebabkan banjir di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya. Derasnya arus banjir menghanyutkan dan merendam mobil-mobil warga. Jika sudah terendam, mobil-mobil ini sangat berpotensi rusak dan tak laku dijual.

Meskipun begitu, ada langkah-langkah pencegahan yang dapat anda lakukan untuk memulihkan mobil yang terendam banjir. Dengan langkah pemulihan, mobil bekas banjir dapat digunakan kembali. Berikut adalah cara-caranya:

1. Putuskan aliran listrik mobil

Pertama, anda perlu memutuskan aliran listrik dengan melepas kabel pada aki. Hal ini dilakukan untuk menghindari konsleting yang dapat terjadi pada arus kelistrikan mobil. Dengan melepas kabel aki, anda sudah menyelamatkan perangkat kelistrikan mobil dari sumber listrik.

2. Segera derek mobil

Kedua, segera panggil derek untuk menyelamatkan mobil anda. Bawa mobil anda ke bengkel terdekat karena semakin lama terendam, potensi kerusakan makin parah. Setelah itu, anda dapat berkonsultasi dengan bengkel yang paham betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil.

3. Jangan hidupkan mobil

Ketiga, jangan sekali-kali mencoba-coba untuk menghidupkan mesin mobil. Menyalakan mesin sama saja memicu hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan, terutama pada mobil matic. Mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem elektrik. Penanganan yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah.

4. Perbaiki interior dan eksterior mobil

Keempat, setelah mesin mobil bebas dari air, anda dapat mulai untuk memperbaiki eksterior dan interior mobil. Perbaiki interior mobil untuk mencegah karat pada rangka kendaraan dan menghilangkan bau apek. Kemudian, perbaiki eksterior mobil untuk menghilangkan penyok dan goresan selama mobil anda terendam banjir.

5. Miliki asuransi kendaraan

Kelima, lengkapi proteksi kendaraan anda dengan asuransi kendaraan bermotor. Dengan asuransi, anda dapat mengajukan klaim apabila mobil anda terendam banjir. Sehingga, anda tak perlu khawatir soal biaya perbaikan mobil yang terendam banjir. Jika anda belum memilikinya, Asuransi Tugu dapat menjadi pilihan tepat.

Polis asuransi kendaraan tugu, T-Drive memberikan ganti rugi terhadap kerusakan dan kehilangan. Dengan T-Drive, mobil anda akan selalu aman dimanapun dan kapanpun. Selain itu, Tugu Insurance juga sigap melayani nasabahnya dengan layanan bantuan 24 jam, T-Rex  (Tugu Real Experience).

Layanan T-Rex menyediakan layanan derek yang siaga 7×24 jam. Dengan T-Rex, anda dapat dengan cepat menyelamatkan mobil yang terendam banjir. Tak hanya itu, T-Rex juga memberikan pertolongan pertama pada kendaraan anda saat mengalami masalah di jalan.

Layanan ini memberikan penanganan darurat pertama, dimulai dari kejadian ban bocor, jumper aki, hingga kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan di jalan raya. Anda tinggal menelpon pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]