MAMI: Hasil Quick Count Pemilu Direspons Positif Investor Pasar Saham

MAMI: Hasil Quick Count Pemilu Direspons Positif Investor Pasar Saham

Jakarta – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menilai hasil penghitungan cepat (quick count) sementara pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang berpeluang satu putaran direspons positif oleh investor pasar modal.

Senior Portfolio Manager-Equity MAMI, Samuel Kesuma, CFA menjelaskan investor pasar saham, terutama investor asing, umumnya lebih menyukai pemimpin baru yang melanjutkan kebijakan pemerintahan sebelumnya.

“Hal ini disebabkan preferensi investor untuk kestabilan dan minimnya risiko dari perubahan kebijakan yang ekstrem,” ucap Samuel dalam keterangan resmi dikutip, 23 Februari 2024.

Baca juga: OJK Sebut Pasar Saham Masih Tangguh di Tengah Perlambatan Ekonomi Global, Ini Buktinya

Selain itu, hasil pemilu sementara ini juga dipersepsi positif bagi ekonomi karena memperbesar potensi komitmen dana investasi langsung.

“Ke depannya, investor akan memonitor rencana kebijakan ekonomi dan calon anggota kabinet dari pemerintahan yang baru untuk memprediksi arah pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

Di samping itu, Samuel melanjutkan, dengan kondisi global yang saat ini masih dinamis, investor pun perlu mengambil posisi yang berimbang pada konstruksi portofolio, mengombinasikan elemen potensi katalis jangka pendek, defensif, dan potensi struktural jangka panjang.

“Untuk katalis jangka pendek kami memperbesar alokasi pada sektor yang diuntungkan dari pemangkasan suku bunga (interest rate sensitive) seperti di perbankan, properti, tower telekomunikasi, dan konsumer non-primer,” ujar Samuel.

Baca juga: MAMI: Pemilu 2024 Bawa Dampak Positif Untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Pasar Saham RI

Sebagai porsi defensif, MAMI mengunggulkan sektor telekomunikasi. Ini dikarenakan karakteristik industri cenderung resilien mengingat data merupakan kebutuhan pokok. Selain itu, konsolidasi industri memungkinkan bagi emiten untuk menaikkan harga data secara gradual yang positif bagi marjin.

Adapun, dengan adanya potensi pertumbuhan struktural, MAMI mempertahankan posisi di sektor yang berhubungan dengan bahan baku untuk industri energi baru terbarukan. Di mana transisi menuju era dekarbonisasi menguntungkan bagi Indonesia yang kaya akan komoditas yang digunakan dalam teknologi energi baru terbarukan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News