Kolaborasi dan Sinergi jadi Kunci Danamon Bertahan di Usia 66 Tahun

Kolaborasi dan Sinergi jadi Kunci Danamon Bertahan di Usia 66 Tahun

Kolaborasi dan Sinergi jadi Kunci Danamon Bertahan di Usia 66 Tahun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Memasuki usia ke-66 tahun, jadi momentum penting PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) untuk terus melanjutkan kolaborasi dari semua pihak yang telah menjadikan Danamon sebagai salah satu bank terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Di usia ke-66 menjadi sebuah pencapaian yang sangat membanggakan bagi Danamon, karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Perjalanan panjang ini menjadi komitmen Danamon dalam memberikan layanan keuangan dan perbankan terbaik kepada masyarakat Indonesia tidak berhenti termasuk di masa pandemi yang lalu. Danamon selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).

“Sebagai bank yang sudah dipercaya oleh para nasabah dan masyarakat luas, kami bangga dengan apa yang sudah kami capai selama 66 tahun ini. Semua elemen di dalam Danamon telah bekerja dan berkolaborasi untuk selalu memberikan pelayanan keuangan dan perbankan terbaik kepada para nasabah setia kami, sehingga menjadikan Danamon sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia selama ini,” ujar Yasushi Itagaki, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dikutip 16 Juli 2022.

Menurut Yasushi, pandemi Covid-19 merupakan sebuah tantangan yang tidak mudah bagi seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali masyarakat dan komunitas di Indonesia. Selama hampir dua tahun, pandemi memaksa untuk beradaptasi dengan cara-cara baru. Namun dengan kebersamaan yang kuat, masyarakat mampu melewati tantangan ini. Tahun 2022 terbukti menjadi sebuah titik balik bagi perekonomian nasional dan juga kualitas kehidupan secara keseluruhan untuk menjadi lebih baik.

#BersamaBersinergi dipilih sebagai tema perayaan ulang tahun yang ke-66 karena menggambarkan perjalanan panjang Danamon yang tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak untuk mencapai Visi Danamon, yaitu peduli dan membantu jutaan masyarakat Indonesia mencapai kesejahteraan. Danamon, kata Yasushi,terus berkomitmen memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner yang setia.

Danamon adalah bagian dari perusahaan induk MUFG yang merupakan salah satu institusi keuangan terbesar di Jepang. Pengalaman panjang MUFG di sektor keuangan global telah membantu Danamon dalam menerapkan berbagai strategi bisnis secara lebih efektif, termasuk berbagai investasi di Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia.

Di tahun 2021, misalnya, Danamon meluncurkan aplikasi mobile banking yaitu D-Bank PRO. Aplikasi ini memberikan sebuah pengalaman omni-channel kepada para nasabah dengan berbagai kemudahan untuk melakukan begitu banyak transaksi keuangan, mulai dari pembelian paket data internet, pembelian token PLN dan pembayaran listrik, pembayaran zakat, belanja online (e-commerce), QRIS hingga penukaran valuta asing dan remittance.

Danamon juga terus melanjutkan kolaborasi kuat dengan anak perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Selama bertahun-tahun, kolaborasi keduanya telah memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia melalui berbagai inovasi produk pembiayaan dan pemasaran otomotif. Sinergi antara Danamon, Adira Finance, dan jaringan global MUFG membentuk kolaborasi yang kuat untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang ekonomi Indonesia serta pemulihan ekonomi nasional dan industri otomotif pasca pandemi.

Salah satunya, ditunjukkan melalui keikutsertaan Danamon dalam mendukung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di Jakarta, di mana Danamon bersama Adira Finance, dengan dukungan dari MUFG, mendapat respon positif dari industri maupun pasar otomotif nasional. Melalui perhelatan ini, Danamon dan grup mencatat pencapaian memuaskan berupa penyaluran kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KPM Prima) sebanyak 2.000 unit dengan total nilai Rp300 miliar.

“Danamon memiliki posisi yang sangat unik dan kuat di Indonesia dengan dukungan dan jaringan dari MUFG dan Adira Finance. Dengan semangat #BersamaBersinergi, perayaan ulang tahun yang ke-66 ini menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi untuk terus berkreasi dan berinovasi, menghasilkan layanan keuangan terbaik bagi para nasabah dan komunitas luas Indonesia,” imbuh Yasushi.

Dengan sinergi yang kuat, tantangan pandemi tidak menyurutkan kinerja baik Danamon di industri keuangan Indonesia. Berdasarkan Laporan Keuangan Kuartal I Tahun Fiskal 2022, Danamon mencatatkan kinerja positif. Fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12% dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya.

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% sementara laba operasional tumbuh 49% year-on-year. Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan, naik 10% mencapai Rp61 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]