Kenali Pertolongan Pertama pada Korban Patah Tulang

Kenali Pertolongan Pertama pada Korban Patah Tulang

Kenali Pertolongan Pertama pada Korban Patah Tulang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tidak banyak yang mengetahui bagaimana penanganan pertama pada orang yang mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang. Padahal,  penanganan yang salah bisa menyebabkan penyembuhan pada tulang akan semakin lambat dan lama.

Patah tulang memang sering terjadi. Khususnya banyak terjadi pada pengendara motor dan disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari jalanan yang licin kemudian terjadi kecelakaan, benturan antara motor dan motor, kecelakaan antara mobil dan motor dan banyak penyebab lainnya.  Umumnya, patah tulang lebih banyak dialami pengendara motor.

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia  memang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan, akhir Maret 2022, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada 2021. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan data 2020 yang tercatat 100.028 kasus.

Adapun salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan adalah minimnya pengetahuan dasar soal penanganan pertama pada kecelakaan. Pertolongan pertama tentu bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dalam keadaan darurat.

Satu hal yang bisa dilakukan bila melihat korban kecelakaan lalu lintas dan mengetahui bahwa kemungkinan patah tulang adalah menyingkirkan benda-benda tajam, tumpul, dan benda lain yang berpotensi menambah parah korban. Kemudian, korban terjepit harus diselamatkan terlebih dahulu.

Bila masih memakai helm, bantu untuk membuka agar pernafasannya lancar. Tetapi bila kecelakaan cukup parah bahkan ada indikasi patah tulang juga, hubungi 118 atau 119 untuk layanan ambulans atau hubungi 110 untuk menghubungi polisi.

Lebih jauh, PT. Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) mempunyai produk asuransi menanggung biaya pengobatan medis & tradisional untuk tulang retak dan patah akibat kecelakaan.

Produk yang dikenal dengan nama t fracture ini bahkan mempunyai premi sangat ringan, mulai dari dari Rp 4.000-an / bulan.

Selain akan mendapat jaminan biaya bila memang terjadi kecelakaan yang menyebabkan patah tulang, produk ini juga bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. Misalnya di tukang urut spesialis patah tulang yang berizin. Info lebih lanjut, cek di www.tugu.com.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]