Jadi Bank Digital, Superbank Fokus Penetrasi Nasabah Underbanked

Jadi Bank Digital, Superbank Fokus Penetrasi Nasabah Underbanked

Jakarta – Persaingan bank digital semakin gencar di Indonesia, salah satunya Super Bank Indonesia (Superbank) yang baru saja bertransformasi menjadi bank digital menggantikan Bank Fama. Direktur Utama Superbank Tigor M. Siahaan menyebut Superbank akan fokus melakukan penetrasi kepada nasabah underbanked yang masih belum tersentuh sepenuhnya.

“Segmen ini kan masih luas, UMKM, ritel masih sangat luas, jadi kami mencoba untuk memfokuskan ke segmen tersebut di ekosistem kami,” kata Tigor usai acara SPARK Indonesia Banking & Finance Summit 2023, Senin, 27 Februari 2023.

Dia menambahkan, saat ini Superbank tergabung dalam ekosistem EMTEK, Grab dan Singtel. EMTEK Group misalnya yang memiliki berbagai anak usaha di bidang teknologi hingga rumah sakit. Begitu juga dengan Grab yang memiliki bisnis terkait mobilitas, layanan perjalanan kios hingga merchant-merchant.

“Dan ini merupakan ekosistem yang tangguh dan sistem informasi yang luas,” katanya.

Tigor pun optimis, target sasaran ini bisa membawa Superbank sebagai bank dengan layanan digital bisa bersaing dengan bank sejenis. Mengingat masih banyaknya peluang yang bisa dimaksimalkan dengan pasar ekosistem yang dimiliki.

“Jadi kami merasa ekosistem-ekosistem tersebut sangat baik, dapat memberikan layanan underbank dengan segmen kita tersebut,” ungkap Tigor.

Selain itu, pihaknya juga harus tetap menjalankan prinsip kehati-hatian untuk memberikan kredit kepada nasabah dengan memanfaatkan kredit skoring yang hanya dimiliki oleh Superbank.

“Jadi kalau di perbankan ini sebenarnya kita mau kasih kredit kepada siapa saja, tapi harus terukur kapasitasnya dia, kemapuan membayar, apakah ini sesuai engan kemampuannya. Kalau kita punya data kita jadi tahu penjualan dia segini. dia mau ekspasnai 30% atau 50% dan hasilnya kan keliatan di kita semua. Itu lah ekosistem power yang akan kita gunakan ke depannya,” jelasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News