Ini Tiga Pemenang BTN Mortgtech Hackathon

Ini Tiga Pemenang BTN Mortgtech Hackathon

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menghimpun 225 ide aplikasi melalui ajang BTN Mortgtech (Mortgage Technology) Hackathon yang digelar untuk mendukung ekosistem pembiayaan perumahan di Indonesia. Dalam ajang BTN Mortgtech Hackathon ini, ada tiga Tim yang lolos sebagai pemenang.

Juara pertama yakni, Tim Celengan Properti yang mengembangkan aplikasi berjudul Celengan Properti, sementara juara kedua diraih oleh Tim Wakanda dengan aplikasi berjudul Hommy dan juara ketiga adalah Tim Radya PlayGround dengan aplikasi Tania CRM. Ketiga tim ini dianggap dapat membangun aplikasi yang memudahkan masyarakat, perbankan dan pengembang dalam mendukung Program Satu Juta Rumah.

Adapun, BTN Mortgtech Hackathon merupakan kompetisi hack marathon bertema mortgage technology pertama di Indonesia. Ajang kompetisi pengembangan aplikasi tersebut digelar untuk mencari bakat-bakat mumpuni dalam pengembangan teknologi informasi (Information and Technology/IT) di bidang lifestyle banking, smart community, dan mortgage technology.

Direktur Bank BTN Budi Satria mengatakan, untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah, perseroan tidak hanya berupaya memacu penyaluran kredit, namun juga terus berupaya menciptakan ekosistem digital pembiayaan perumahan yang berkelanjutan.

“Dengan ekosistem digital untuk pembiayaan perumahan, kami ingin mempermudah masyarakat memiliki rumah yang terjangkau. Ide aplikasi ini akan kami kembangkan lagi untuk dapat mewujudkan ekosistem digital pembiayaan perumahan tersebut guna mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah,” ujarnya di Jakarta, Minggu, 25 Maret 2018.

Budi mengungkapkan ide-ide aplikasi yang ada akan terus dieksplorasi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kredit pemilikan rumah (KPR) yang cepat dan mudah. Eksplorasi dan pengembangan tersebut pun dilakukan Bank BTN untuk menangkap berbagai peluang di tengah lahirnya berbagai startup fintech yang membuat layanan keuangan kian mudah.

Baca juga: BTN Gelar Mortgetch Hackathon

Menurutnya, Bank BTN juga terus memacu lini bisnis digital banking sejalan dengan tumbuhnya pasar generasi muda yang fasih teknologi. Sejalan dengan upaya Bank BTN dalam memacu bisnis digital banking, lini tersebut pun turut menunjukkan kinerja positif. Per Februari 2018, pertumbuhan fee based income (FBI) Bank BTN dari layanan digital banking mencapai 54 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

“Bank BTN akan terus memacu pertumbuhan lini bisnis tersebut melalui pengembangan fitur-fitur baru yang akan membuat Bank BTN kian dekat dengan generasi muda,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi IT Strategic Planning and Development Purwa Riadi menambahkan, pada ajang BTN Mortgtech Hackathon yang telah dibuka sejak pertengahan Februari 2018 tersebut, telah terpilih enam tim terbaik dari 43 peserta yang memasuki babak terakhir. Pertama yakni aplikasi bertajuk Celengan Properti dari Tim Celengan Properti yang menyajikan aplikasi yang dapat membantu calon investor untuk memiliki properti secara rombongan sekaligus memberikan prediksi mengenai kenaikan harga properti. Kemudian,  yang kedua adalah Tim Tobat dengan aplikasi berjudul Bijitanah yang bisa menyaring property dengan nilai investasi yang menarik dan bernilai tinggi dan mengintegrasikan dengan aplikasi KPR. Sedangkan Ketiga, Tim Misya  dengan aplikasi bertajuk Misya untuk kustomisasi rumah/renovasi dan bisa terhubung dengan KPR.

Juara keempat adalah Tim Samiaji Adisasmito dengan aplikasi Jojo KPR yang bisa memberikan analisa kelayakan mortgage menggunakan social media disertai dengan kemudahan cicilan bulanan menggunakan virtual account dan kelima adalah Tim Radya PlayGround yang menggagas aplikasi Tania CRM yang bisa memudahkan Bank BTN mengedukasi calon nasabah/ nasabah KPR lewat platform chat sehingga lebih mudah memberikan penawaran produk, dan simulasi KPR dan terakhir adalah Tim Wakanda yang mengembangkan aplikasi bertajuk Hommy yang menyatukan calon pembeli, penyedia property, perbankan salam satu ekosistem terpadu dan menyortir seluruh data komponen mitra.

Untuk para pemenang, Bank BTN memberikan hadiah total senilai Rp100 juta. Pemenang pertama pun akan memeroleh hadiah berupa kesempatan berkunjung langsung ke Silicon Valley dan mendapatkan Accelerator Program dari Plug and Play Indonesia. (*)

Related Posts

News Update

Top News