Ini Dia Bank-Bank Penyalur Kredit UMKM Terbaik 2022

Ini Dia Bank-Bank Penyalur Kredit UMKM Terbaik 2022

Pilpres Buat Kredit Bank Lambat Pada Awal Tahun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sebanyak 19 bank, terdiri dari 10 bank umum konvensional, 5 BPD, 2 bank umum syariah, 1 bank digital, dan 1 unit usaha syariah bank umum, berhasil meraih penghargaan “Top SME Financing Awards 2022” atas kinerja kredit UMKM mereka di tahun 2021.

Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank pada ajang “Infobank Green UMKM Summit 2022” di Jakarta pada Senin, 27 Juni 2022. Ini merupakan pemberian penghargaan “Top SME Financing Awards” yang ketiga sejak digelar kali pertama pada tahun 2020.

Ke-19 bank berhasil meraih predikat “The Best” berdasarkan hasil Rating Kredit UMKM Bank tahun 2022 versi Infobank. Bahan baku survei untuk rating ini diambil dari laporan kinerja kredit perbankan tahun 2021, khususnya pada aspek pembiayaan bagi sektor UMKM nasional untuk periode 1 tahun.

Rating tersebut menggunakan data laporan kinerja keuangan per September 2021, yakni triwulan ketiga tahun terakhir. Ada lima tahapan untuk sampai pada penentuan predikat “The Best”. Satu, menentukan formula rating berdasarkan perkembangan perbankan khususnya penyaluran kredit UMKM khususnya kebijakan regulator dan pencapaian industri. Dua, mengumpulkan data berdasarkan neraca & rugi-laba Bulan September 2020 hingga September 2021. Tiga, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio pertumbuhan, mengelompokkan bank-bank sesuai kelas modal inti (KBMI). Empat, notasional akhir untuk pemberian predikat.

Ada dua hal utama yang menjadi perhatian dalam penilaian, yakni kinerja keseluruhan (overall) yang memegang komposisi nilai 30%, dan kinerja kredit UMKM sendiri dengan bobot 70%. Kriteria penilaian yang digunakan terdiri dari 18 rasio keuangan yang tercakup dalam lima bagian besar yaitu permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi.

Pemberian penghargaan ini merupakan rangkaian acara “Infobank Green UMKM Summit 2022” yang merupakan hasil kolaborasi antara Majalah Infobank dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanegara (FEB Untar). Acara yang menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs. Teten Masduki, sebagai keynote speaker ini dilanjutkan dengan hybrid seminar bertajuk “Peran Perbankan Dalam Mendukung Sektor UMKM DI Era Endemic dan Mendukung Sektor Pertanian.” 

Hadir sebagai narasumber antara lain, Direktur Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan, Mohamad Miftah; Direktur Kepatuhan Bank Rakyat Indonesia, Achmad Solichin Lutfiyanto; Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma; Direktur Utama Permodalan Nasional Madani, Arief Mulyadi, dan Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Institute.

Menurut Eko, pada era Endemic, di mana kebutuhan masyarakat meningkat terutama dari segi pangan dan mobilitas masyarakat, juga kembali normal seiring dengan kembalinya aktifitas bisnis. Kondisi ini memberikan peluang bagi UMKM di sektor pangan, transportasi, dan juga akomodasi makanan dan minuman untuk bangkit kembali. Untuk itu, dukungan perbankan bagi sektor UMKM sangat dibutuhkan.

“UMKM harus dapat menangkap peluang di era endemic ini, sekaligus menjadi penyokong suplai kebutuhan masyarakat. Geliat UMKM ini tentunya membutuhkan dukungan dari lembaga-lembaga perbankan dan non-bank baik dari sisi permodalan, pembiayaan modal kerja, pembinaan, pelatihan, dan juga aspek sosial bagi UMKM untuk kembali berkembang setelah diterpa pandemi dan menjadi motor pemulihan ekonomi nasional,” papar Eko.

Rangkaian acara yang diselenggarakan dari Studio 1 Infobank dan disiarkan secara Live melalui Zoom – Live Video Conference dan juga kanal Youtube InfobankTV ini terlaksana berkat dukungan dari berbagai pihak, antara lain Permodalan Nasional Madani (PNM), Bank BPD Bali, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrimdo), Bank BCA Syariah, Jamkrindo Syariah, dan BTPN Syariah.

Berikut ini daftar 19 Bank penerima Infobank Top SME Financing Award 2022 berdasarkan hasil Rating Kredit UMKM Bank Umum Infobank Tahun 2022:

KBMI 4 (Modal Inti di Atas Rp. 70 Triliun)

  1. Bank Rakyat Indonesia
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Central Asia

 

KBMI 3 (Modal Inti di Atas Rp. 14 Triliun s.d. Rp. 70 Triliun)

  1. Bank Mega

 

KBMI 2 (Modal Inti di Atas Rp. 6 Triliun s.d. Rp. 14 Triliun)

Aset Rp. 50 Triliun s.d. < Rp. 100 Triliun

  1. Bank DKI

Aset di Bawah Rp. 50 Triliun

  1. Bank Woori Saudara Indonesia 1906
  2. Bank Jago
  3. Bank BTPN Syariah

 

KBMI 1 (Modal Inti s.d. Rp. 6 Triliun)

Aset Rp. 25 Triliun ke Atas

  1. Bank Mandiri Taspen
  2. Bank BPD Bali
  3. Bank Nagari

Aset Rp. 10 Triliun s.d. < Rp. 25 Triliun

  1. Bank Mestika
  2. Bank Mega Syariah
  3. Bank BPD DIY
  4. Bank CTBC Indonesia
  5. Bank Maspion

Aset di Bawah Rp. 10 Triliun

  1. Bank BCA Syariah
  2. Bank Bisnis
  3. Bank Bengkulu

Daftar lengkap penerima “Anugerah Infobank Top SME Financing Award 2022” dengan data kinerja keuangan masing-masing pemenang dapat dilihat pada Majalah Infobank Edisi April 2022 No. 528, Vol. XLIV, yang dapat dibeli melalui Divisi Sirkulasi Infobank atau diakses di www.infobankstore.com.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]