Infobank-Perbanas Gelar Konferensi SDM Perbankan

Infobank-Perbanas Gelar Konferensi SDM Perbankan

Jakarta–Kebutuhuan sumber daya manusia (SDM) atau human capital menjadi isu penting di industri perbankan. Persaingan yang ketat ini seiring dengan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dilaksanakan oleh industri perbankan pada 2020.

Untuk menyambut MEA yang sudah di depan mata, Infobank bersama Persatuan Bank Nasional (Perbanas) menggelar Indonesia Banking Human Capital Conference. Maryono, Wakil Ketua Umum Perbanas, mengatakan, persiapan SDM harus dilakukan sejak dini.

Menurutnya, tahun 2020 sudah bukan lagi waktu yang panjang. “Kita sudah menghitung mundur untuk menyambut MEA di industri perbankan. Untuk itu, kita mengajak para stakeholder dan pelaku industri untuk mengadakan kegiatan ini,” jelasnya pada pembukaan acara tersebut.

(Baca juga : Kemenaker Akui SDM Indonesia Sulit Bersaing di MEA)

Dia melanjutkan, setiap pelaku industri harus menetapkan standar bagi setiap sumber daya manusia yang dimiliki. Tidak hanya itu, standar yang ditetapkan harus sesuai dengan standar yang sudah disepakati oleh negara-negara lain yang ada di ASEAN.

“Beberapa upaya sudah kami lakukan untuk menyiapkan SDM untuk menghadapi MEA. Kami juga melakukan review dan analisis terhadap potential resources yang dimiliki untuk memajukan industri. Kami berharap, human capital yang dimiliki Indonesia bisa lebih berkualitas atau minimal setara dengan bankir regional,” pungkasnya. (*) Indra Haryono

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News