Report KoinWorks: 116.000 Lapangan Kerja Lewat UMKM

Report KoinWorks: 116.000 Lapangan Kerja Lewat UMKM

Jakarta – KoinWorks meluncurkan Impact Report edisi pertama berjudul “Leveling Up Beyond Finance”.

Menurut laporan tersebut, perusahaan yang didirikan pada 2016 ini telah berhasil menciptakan 116 ribu lapangan kerja baru melalui program pinjaman usaha bagi UMKM penerima pembiayaan selama tahun 2021-2022. 

Pembiayaan itu mampu menaikkan pendapatan UMKM hingga 34% dan meningkatkan transaksi digitalnya hingga 82%.

Plt. Asisten Deputi Bidang Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinasi Bidang Perkonomian, Danang Sri Wibowo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kontribusi KoinWorks dalam menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung perekonomian Indonesia.

“UMKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia. Demi mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan, inovasi bagi UMKM tentu diperlukan, dan upaya kolaboratif yang inklusif dilaksanakan dengan kerangka bisnis yang tervalidasi,” ujar Danang dalam keterangan resminya dikutip Senin, 3 April 2023.

Selain itu, Impact Report ini bertujuan menjelaskan track record dalam praktik bisnis berkelanjutan dan peta jalan perusahaan terkait komitmennya terhadap lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG). 

CEO dan Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono mengatakan model bisnis KoinWorks selalu mengutamakan inklusi dan dampak sosial. 

“Impact Report yang baru kami luncurkan merupakan langkah penting dalam memberikan dampak sosial yang ingin kami tuju,” ujarnya.

Dengan merancang Impact Report, KoinWorks ingin juga memastikan tolok ukur terhadap ESG, relevan, terukur dan kebijakan ketat untuk keamanan data. 

Hal tersebut disampaikan oleh Angelique Timmer selaku Senior VP Impact & ESG KoinWorks. Menurutnya, KoinWorks mengadopsi standar internasional pada kerangka ESG untuk startup. Untuk itu, mereka ingin mengekspresikan literasi berkelanjutan dan inklusi keuangan yang diterapkan dengan cara yang sama layaknya komunitas global.

“Dengan begitu, kami dapat bekerja dengan tujuan terpadu untuk masa depan kita bersama,” ujarnya.

Ke depannya, KoinWorks menargetkan lebih dari 2 juta UMKM bergabung dalam ekosistem digitalnya pada 2025.(*)

Related Posts

News Update

Top News