IBI Dorong Bankir Terus Adaptif di Era Digital

IBI Dorong Bankir Terus Adaptif di Era Digital

IBI Dorong Bankir Terus Adaptif di Era Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Ikatan Bankir Indonesia (IBI) mendorong agar setiap karyawan dan bankir terus meningkatkan kemampuan serta kapabilitasnya, terutama di masa digital. Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia, Hariyanto T. Budiman mengungkapkan rasa ingin tahu yang tinggi diperlukan oleh setiap bankir untuk dapat terus beradaptasi dengan kebutuhan yang ada.

“Seorang bankir yang baik harus bisa memiliki knowledge yang baik, tidak perlu terlalu dalam yang penting dia memahami hal tersebut. Bankir yang baik adalah bankir yang selalu belajar, selalu memiliki rasa ingin tahu dan berinteraksi dengan mereka yang ada di bidang lain. Sehingga mereka bisa menjadi manusia yang lebih lengkap dari sisi pengetahuan dan skil,” ujar Hariyanto pada pada webinar “The Next Journey for Bankers,” Rabu, 20 April 2022.

Tingkat adaptasi yang tinggi menurutnya juga akan membuka kesempatan-kesempatan baru. Di masa digital, otomasi terus dilakukan dalam proses bisnis, sehingga perubahan tersebut memerlukan talent yang mumpuni dalam pengoperasiannya.

“Otomasi adalah sebuah keniscayaan. Bank adalah industri yang penuh dengan kompetisi, jika tidak efisien akan sulit untuk berkompetisi. Untuk itu, kami sangat mendorong pada karyawan agar terus bisa meningkatkan kemampuan dan kapabilitas melalui training baik inhouse maupun eksternal,” jelas Hariyanto.

Terakhir, ia juga menyoroti pentingnya perbankan untuk mengoptimalkan komposisi talent internal dan eksternal. Menurutnya, industri yang mapan adalah organisasi yang bisa memanfaatkan secara optimal antara internal talent dan external talent.

“Kalau bertumpu pada internal, mungkin belum memiliki pengetahuan yang lengkap, tetapi kalau semua dari luar juga tidak bagus karena tidak memahami budaya perusahaan. Jadi harus ada kombinasi tidak bisa semua dari dalam maupun dari luar saja,” tutupnya. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]