Gak Perlu Bingung! Ini 5 Cara Transfer ke Luar Negeri Terbaik

Gak Perlu Bingung! Ini 5 Cara Transfer ke Luar Negeri Terbaik

Jakarta – Saat ini, transaksi lintas negara kian marak dilakukan, baik oleh perusahaan maupun individu. Kebutuhannya juga cukup beragam, mulai dari membiayai pendidikan anak di luar negeri, memenuhi kebutuhan keluarga di negara tetangga, hingga transaksi bisnis dengan supplier barang impor. Oleh karena itu, semakin banyak pula cara transfer ke luar negeri yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhanmu. Berikut 5 cara transfer uang ke luar negeri dari Indonesia yang bisa pertimbangkan.

Transfer Lewat Bank

Cara transfer ke luar negeri paling umum dan konvensional dibandingkan metode lainnya. Untuk kamu yang tidak terlalu melek digital, opsi ini dianggap cukup mudah karena kamu bisa langsung mendatangi bank pilihanmu dan mengisi formulir yang diperlukan. Pastikan untuk membawa identitas lengkap pengirim dan juga penerima. Setelah formulir diberikan kepada petugas bank, transaksi akan segera diproses.

Umumnya, pengiriman uang ke luar negeri melalui bank dapat membutuhkan 1-7 hari kerja hingga uang dapat diterima di rekening tujuan. Namun, untuk pengiriman di hari yang sama, akan dikenakan biaya tambahan.

Walau biaya transfer yang dikenakan bergantung pada bank pilihan dan negara tujuan, jumlah minimumnya adalah USD$5/transaksi atau sekitar Rp81 ribu (berdasarkan kurs Juli 2024). Selain itu, ada juga biaya lain seperti biaya administrasi, korespondensi, telex, dan provisi tergantung kebijakan bank.

Lewat PayPal

Kamu pasti sudah tidak asing dengan PayPal kan? Yap, aplikasi ini bisa kamu jadikan salah satu alternatif kirim uang ke luar negeri secara instan, lho. Kamu hanya perlu menyediakan kartu identitas diri, email aktif, dan alamat kamu. Tapi perlu diingat bahwa kamu dan penerima tujuan harus memiliki aplikasi PayPal karena nantinya uang akan dikirim ke akun PayPal penerima.

Dengan PayPal, uang yang dikirim dapat sampai ke penerima secara instan atau real-time. Sedangkan untuk penarikan uang dari akun PayPal ke rekening bank akan membutuhkan 3-5 hari kerja.

Transfer internasional ke sesama pengguna PayPal tidak dikenakan biaya. Namun jika ingin memindahkan uang dari akun PayPal ke rekening bank, kamu akan dikenakan biaya sebesar 1.50 persen dari nominal yang ingin ditarik. Biaya minimum yang berlaku sebesar USD0,25 atau sekitar IDR4,060 (berdasarkan kurs pada Juli 2024). Selain itu, pastikan juga kamu mengetahui berbagai biaya yang mungkin akan timbul saat transaksi dilakukan.

Pakai Aplikasi Topremit

Alternatif selanjutnya untuk kirim uang ke luar negeri adalah melalui aplikasi Topremit. Sebagai layanan remitansi online pertama di Indonesia, Topremit bisa bantu kamu untuk kirim uang langsung ke rekening bank penerima di luar negeri dengan lebih mudah, murah, dan cepat.

Dengan Topremit, biaya transfer kamu dijamin flat, mulai dari IDR 45,000 tergantung negara tujuan. Kamu juga tidak akan dibebankan biaya tambahan apapun, uang kamu akan sampai dalam full amount tanpa ada potongan sama sekali.

Topremit menyediakan dua jenis kecepatan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jenis pertama adalah Mode Normal yang menjamin uang sampai di hari yang sama dengan biaya transfer lebih murah. Tapi kalau kamu punya kebutuhan mendesak yang mengharuskan uang diterima dalam waktu singkat, bisa banget pakai layanan Mode Instan agar uangnya sampai dalam hitungan menit.

Soal keamanan transaksi, kamu tidak perlu ragu lagi karena Topremit sudah dilisensi langsung oleh Bank Indonesia sejak 2009 dan dipercaya 200,000+ pengguna untuk mengirimkan uang ke lebih dari 70 negara di dunia. Jadi semua transaksi kamu dijamin 100 persen aman!

Menggunakan Western Union

Metode pengiriman uang ke luar negeri dengan Western Union juga relatif sederhana. Uang yang dikirim akan langsung diambil oleh penerima secara tunai di lokasi yang ditentukan tanpa memerlukan rekening bank luar negeri. Kamu cukup membawa KTP/Paspor beserta detail penerima ke counter terdekat Western Union untuk melakukan transaksi. Ketika hendak mengambil uang, penerima harus membawa kartu identitas beserta pin atau nomor referensi yang diberikan kepada pengirim setelah menyelesaikan pembayaran transaksi.

Setelah transaksi berhasil dilakukan, uang akan tiba secara real-time dan penerima dapat langsung mengambil uangnya di counter Western Union terdekat. Namun untuk saat ini, pengambilan uang hanya bisa dilakukan secara offline.

Biaya yang dipatok oleh Western Union bergantung pada beberapa faktor, yakni metode transfer, negara tujuan pengiriman, serta nilai tukar yang berlaku pada saat itu. Namun perlu diketahui bahwa biaya tersebut bersifat progresif, yang berarti semakin banyak yang dikirim maka biayanya akan semakin tinggi juga.

Kirim dengan MoneyGram

Opsi transfer ke luar negeri terakhir adalah MoneyGram yang beroperasi seperti Western Union. Prosesnya relatif sederhana dimana pengiriman dilakukan melalui counter MoneyGram terdekat. Kamu hanya perlu mengisi formulir pengiriman dengan memasukkan data penerima serta jumlah uang yang ingin dikirim. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa identitas diri dan penerima. Setelah itu, kamu akan diberikan 8 digit kode atau nomor referensi rahasia yang akan dibutuhkan penerima dalam proses pengambilan uang di luar negeri.

Uang yang dikirim sudah bisa diambil langsung oleh penerima di counter MoneyGram secara real-time setelah kamu melakukan pembayaran transaksi. Namun, pastikan untuk melakukan pengiriman sebelum cut off time agar transaksi kamu diproses pada hari itu juga.

Biaya yang dipatok MoneyGram juga bersifat progresif. Sebagai gambaran, kamu bisa mengirim uang maksimal sebesar IDR 150.000.000 dalam satu transaksi dengan biaya transfer IDR 550.000 (didapatkan secara langsung dari counter MoneyGram pada Februari 2024). Untuk itu, kamu boleh memastikan rincian biaya secara langsung di counter MoneyGram terdekat.

Related Posts

News Update

Top News