Ditjen AHU Gandeng Nobu Bank Permudah Pembayaran PNBP Lewat QRIS

Ditjen AHU Gandeng Nobu Bank Permudah Pembayaran PNBP Lewat QRIS

Ditjen AHU Gandeng Nobu Bank Permudah Pembayaran PNBP Lewat QRIS
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) menandatangani kerja sama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum & HAM RI (Kemenkumham RI), untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Dirjen AHU Kemenkumham RI, Cahyo R. Muzhar menyampaikan bahwa penerimaan dari PNBP melalui Ditjen AHU terus meningkat dan mencapai lebih dari Rp1 triliun di tahun 2022.

Untuk itu Cahyo berharap bahwa pengembangan alternatif pembayaran dengan menggunakan QRIS akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran atas berbagai layanan yang tersedia pada AHU Online, seperti layanan pembuatan Perseroan Perorangan yang sekarang tengah disosialisasikan oleh Dijen AHU.

“Ditjen AHU saat ini memiliki lebih dari 140 jenis layanan yang dapat diakses oleh masyarakat secara online melalui AHU Online. Kehadiran QRIS Nobu Bank diharapkan dapat mendorong pertumbuhan penerimaan PNBP melalui Ditjen AHU di tahun mendatang,” ujar Cahyo dikutip Senin, 2 Januari 2023.

Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan juga menyampaikan apresiasi kepada Ditjen AHU Kemenkumham RI atas peresmian kerja sama dalam hal pembayaran digital QRIS untuk pembayaran PNBP pada layanan AHU Online. Kerja sama dengan Ditjen AHU Kemenkumham RI ini menjadi tonggak penting bagi Nobu Bank dalam pengembangan dan perluasan QRIS sebagai sarana pembayaran digital, khususnya untuk jenis pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak.

“Sebagai bank yang berpartisipasi aktif sejak awal peluncuran QRIS oleh Bank Indonesia, Nobu Bank telah mengembangkan layanan pembayaran berbasis QRIS ini secara luas dengan membangun kerja sama dengan berbagai ekosistem yang berjaringan luas. Kerja sama penyediaan QRIS sebagai alternatif metode pembayaran untuk berbagai layanan di Ditjen AHU Kemenkumham RI merupakan sebuah langkah yang inovatif dan baru, yang diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan volume transaksi pembayaran layanan di lingkup Ditjen AHU, khususnya melalui AHU Online, terutama karena kemudahan dalam pembayaran,” kata Suhaimin.

Nobu Bank terus mengembangkan basis merchant QRIS secara luas dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini total merchant yang telah bekerja sama dengan Nobu Bank telah mencapai lebih dari 600 ribu merchant dengan frekuensi transaksinya mencapai lebih dari 4 juta transaksi per bulan dan terus bertumbuh. Pencapaian ini merupakan salah satu bentuk dukungan Nobu Bank pada digitalisasi pembayaran melalui QRIS yang senantiasa didorong oleh Bank Indonesia. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]