Didorong Hal Ini, BI Pede Ekonomi Syariah 2024 Tumbuh 5,5 Persen

Didorong Hal Ini, BI Pede Ekonomi Syariah 2024 Tumbuh 5,5 Persen

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi syariah Indonesia di tahun 2024 tumbuh sebesar 4,7-5,5 persen. Pertumbuhan ini utamanya didorong oleh pembiayaan perbankan syariah. 

“Kita melangkah di tahun 2024 ini dengan cukup optimis, di tahun ini kami perkirakan eksyar (ekonomi syariah) akan tumbuh sebesar 4,7-5,5 persen. Dengan dukungan dari pembiayaan perbankan syariah yang diperkirakan terus tumbuh pada kisaran 10-12 persen,” ujar Deputi Gubernur BI, Juda Agung dalam Peluncuran Kajian Ekonomi & Keuangan Syariah Indonesia (KEKSI) 2023 & Seminar Nasional Sharia Economic & Financial Outlook (ShEFO) 2024, Senin, 26 Februari 2024.

Juda mengatakan pada tahun 2023 ekonomi dan keuangan syariah Indonesia mencapai momentum yang positif. Hal ini tercermin sejumlah capaian di beberapa sektor ekonomi syariah.

Baca juga: Per September 2023, Aset Keuangan Syariah Tembus Rp2.452 Triliun

“Kita sekarang ini berada di peringkat tiga naik satu tingkat dari tahun sebelumnya tentang ekonomi dan keuangan syariah. Dan juga dari pariwisata ramah muslim kita berada di peringkat pertama di Global Muslim Travel Index tahun 2023,” kata Juda.

Dari sisi keuangan, perbankan syariah juga tercatat mengalami peningkatan, di mana tahun lalu pembiayaan syariah untuk sektor riil tumbuh sebesar 15,8 persen. 

“Pertumbuhan tersebut di atas petumbuhan kredit dan pembiayaan sektor riil yang secara keseluruhan tumbuh sekitar 10,5 persen,” jelasnya.

Baca juga: Selain BTN dan Muamalat, OJK Beri Sinyal Bakal Ada Empat Bank Syariah Merger

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Friderica Widyasari Dewi mengatakan per September 2023, aset keuangan dalam sektor keuangan syariah Indonesia tercatat sebesar Rp2.452 triliun atau USD157 miliar.

“Angka yang positif ini didorong oleh pertumbuhan sebesar 6,75 persen per tahun. Pangsa pasar kita juga sudah mencapai 10,81 persen dari seluruh landscape seluruh keuangan negara kita,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News