Darmin Minta Pemda Berinovasi Untuk Tekan Inflasi

Darmin Minta Pemda Berinovasi Untuk Tekan Inflasi

Jakarta РMenteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bisa berinovasi guna menekan angka inflasi daerah.

Menko Darmin yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) mengatakan, Pemerintah terus berupaya menggencarkan strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif).

“Ke depan, pemerintah daerah diharapkan semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun serta melakukan inovasi pengendalian inflasi,” kata Darmin dalam rapat koordinasi nasional, di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Darmin menambahkan, realisasi inflasi dalam 4 tahun terakhir masih dapat dijaga sekitar 3 persen. Dia mengatakan, pencapaian tersebut masih dalam rentang sasaran nasional sekitar 3,5 persen.

Namun, secara komponen Darmin menyebut, pembentukannya inflasi pada harga barang-barang bergejolak terutama pangan (volatile food) di tahun 2018 sebesar 3,39 persen yoy.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi nasional pada Juni 2019 sebesar 0,55 persen yang dipengaruhi oleh kenaikan harga cabai dan ikan segar. Sementara itu, untuk laju inflasi tahun kalender Januari-Juni 2019 tercatat sebesar 2,05 persen dan laju inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 3,28 persen. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.