Cadangan Devisa RI Turun jadi Rp2.101 Triliun, Ini Penyebabnya

Cadangan Devisa RI Turun jadi Rp2.101 Triliun, Ini Penyebabnya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia menurun tipis. Hingga akhir Agustus 2023 cadangan devisa Indonesia sebesar USD137,1 miliar atau senilai Rp2.101 triliun (kurs Rp15.330)

Angka cadangan devisa tersebut sedikit menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Juli 2023 sebesar USD137,7 miliar atau Rp2.110 triliun.

Baca juga: Hilirisasi SDA Jadi Penopang Utama Sumber Devisa, Bamsoet: Harus Bisa Dikelola Sendiri

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyebutkan bahwa penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” ujar Erwin dalam keterangan resmi, Kamis, 7 September 2023.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

Baca juga: Devisa RI Hilang Rp170 T Akibat WNI Berobat ke Luar Negeri, Begini Langkah Hermina

Ke depan, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI.

“Dalam hal ini untuk  menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkas Erwin. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News