Bursa Karbon Resmi Diluncurkan, Volume Transaksi Tembus 459.495 Ton 

Bursa Karbon Resmi Diluncurkan, Volume Transaksi Tembus 459.495 Ton 

Jakarta – Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) resmi diluncurkan pada Selasa (26/9). Dalam pembukaannya, IDXCarbon mencatatkan volume transaksi sebesar 459.495 ton unit karbon.

Terpantau di Bursa Efek Indonesia, dalam pembukaannya tercatat ada 13 transaksi, 13 total pesanan serta 16 pengguna yang sudah terdaftar.

Adapun, penyedia Unit Karbon pada perdagangan perdana kali ini yaitu Pertamina New and Renewable Energy (PNRE) yang menyediakan Unit Karbon dari Proyek Lahendong Unit 5 dan Unit 6 PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

Baca juga: Bos OJK Incar 99 PLTU Berbasis Batu Bara Ikut Perdagangan Bursa Karbon

Perusahaan-perusahaan yang berperan sebagai pembeli Unit Karbon pada perdagangan perdana IDXCarbon, yaitu di antaranya PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BNI Sekuritas.

Selain itu, PT BRI Danareksa Sekuritas (bagian dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk), PT CarbonX Bumi Harmoni, PT MMS Group Indonesia, PT Multi Optimal Riset dan Edukasi, PT Pamapersada Nusantara, PT Pelita Air Service, PT Pertamina Hulu Energi dan PT Pertamina Patra Niaga. 

Direktur Utama BEI selaku Penyelenggara Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) Iman Rachman mengatakan, IDXCarbon adalah sebuah milestone penting bagi komitmen dekarbonisasi Indonesia menuju Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

Baca juga: Bursa Karbon Meluncur, IHSG Dibuka Menguat 0,21 Persen

“IDXCarbon berupaya untuk memberikan transparansi, keandalan, dan keamanan dalam memberikan solusi terbaik bagi perdagangan karbon di Indonesia sehingga tercipta perdagangan yang teratur, wajar, dan efisien,” katanya, Selasa, 26 September 2023.

Pihaknya berharap, melalui penyediaan platform yang mengedepankan pengalaman pengguna, diharapkan seluruh pelaku usaha dapat dengan mudah memperoleh manfaat dari perdagangan karbon. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News