BRI Rayakan HUT ke-127 Bersama 40.000 Pekerja

BRI Rayakan HUT ke-127 Bersama 40.000 Pekerja

BRI Rayakan HUT ke-127 Bersama 40.000 Pekerja
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperingati HUT ke-127 dengan mengusung tema “Tumbuh dan Tangguh” pada 16 Desember 2022. Puncak peringatan HUT BRI ke-127 dilakukan dengan menggelar BRILian Fest pada Minggu, 18 Desember 2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta sebagai apresiasi kepada seluruh keluarga Insan BRILian (Pekerja BRI) yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk Memberi Makna Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso membuka langsung perayaan BRILian Fest, dan turut hadir jajaran Komisaris dan Direksi BRI Group, dan lebih dari 40.000 Insan BRILiaN beserta keluarganya se-Jabodetabek.

BRILiaN Fest menghadirkan berbagai acara dan aktivitas yang didedikasikan untuk Insan BRILiaN seperti family gathering, showcase, dan hiburan yang diisi oleh Iwan Fals, Slank, Rossa, Padi Reborn, Andmesh, Nella Kharisma, RAN, Yura Yunita, Ayu Ting Ting, Marion Jola, Cokelat, Payung Teduh x Pusakata, dan Diskopantera.

Berbagai rangkaian kegiatan lain sebelumnya telah dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-127 BRI. Kegiatan tersebut antara lain UMKM (EXPO)RT BRILIANPRENEUR pada 1-31 Desember 2022, BRI Trofeo Cup – sepak bola persahabatan bersama Pemimpin Redaksi Media pada 3 Desember 2022 lalu, dan tepat pada 16 Desember 2022 peringatan dilakukan dengan upacara HUT BRI di berbagai lokasi di Indonesia.

Selain itu, kemeriahan HUT juga diramaikan dengan peluncuran produk anyar untuk segmen korporasi, yaitu Qlola by BRI (platform solusi terintegrasi produk wholesale banking). Tidak ketinggalan, Bazaar klaster Mantriku (pameran produk klaster nasabah Mikro binaan BRI), dan pameran foto UMKM yang diikuti lebih dari 1.500 karya foto umum serta pewarta foto.

“BRI tumbuh sebagai lembaga keuangan yang terus senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Berbagai pencapaian membanggakan terus ditorehkan oleh BRI, dan hal itu tidak lepas dari kinerja dan kontribusi dari Insan BRILian,” ujar Sunarso, seperti dikutip Senin, 19 Desember 2022.

Capaian membanggakan tersebut digambarkan dari kinerja keuangan BRI hingga September 2022 yang mampu mencetak laba Rp39,31 triliun atau tumbuh 106,14% year on year (yoy) dengan total aset meningkat 4,00% yoy menjadi Rp1.684,60 triliun.

Kinerja BRI tersebut kemudian dikontribusikan kepada masyarakat sebagai komitmen implementasi economic & social values. Kontribusi BRI ke negara melalui dividen & pajak pada 2021 (dibayarkan pada tahun 2022) mencapai Rp26,5 triliun. Kontribusi tersebut masuk melalui penerimaan negara dan  disalurkan kembali kepada rakyat melalui berbagai program untuk masyarakat.

“BRI berbisnis dengan rakyat dan diproses dengan caranya rakyat. Keuntungan BRI dikembalikan ke rakyat lewat pajak dan dividen. Karena bekerja dengan rakyat, dikelola dengan cara rakyat, dan keuntungan dikembalikan rakyat, maka sudah semestinya, BRI adalah bank yang didukung rakyat. Oleh karenanya, BRI terus tumbuh dan tangguh, tak pernah berhenti memberi yang terbaik bagi negeri,” pungkasnya.

Sebagai bank dengan backbone business di sektor UMKM, BRI konsisten untuk memberdayakan dan menumbuhkembangkan pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari total kredit dan pembiayaan BRI Group yang tercatat sebesar Rp1.111,48 triliun atau tumbuh 7,92% yoy.

Secara khusus, portofolio kredit UMKM BRI tercatat meningkat sebesar 9,83% yoy dari Rp852,12 triliun di akhir September 2021 menjadi Rp935,86 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi 84,20%.

Sunarso pun menekankan bahwa perseroan akan terus melanjutkan keberhasilan transformasi BRIvolution sebagai upaya untuk merespons strategic risk di masa mendatang. “Transformasi BRI telah kita jalankan sejak tahun 2016 yang kita sebut dengan BRIvolution 1.0 dengan aspirasi menjadi The Most Valuable Bank in Southeast Asia and Home to The Best Talent,” ungkapnya.

Corporate plan tersebut berlaku untuk periode tahun 2018-2022. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020, rencana tersebut direvisi menjadi BRivolution 2.0 dengan aspirasi menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]