BCA Optimistis Kredit Tumbuh 11 Persen di 2023, Ini Faktor Pendorongnya

BCA Optimistis Kredit Tumbuh 11 Persen di 2023, Ini Faktor Pendorongnya

Jakarta – Direktur Keuangan PT Bank Central Asia (BCA), Vera Eve Lim mengungkapkan Perseroan tetap optimis pertumbuhan kredit akan mencapai 10 – 11 persen hingga akhir tahun 2023.

“Sampai akhir tahun kredit saya pikir kita tumbuh di kisaran 10-11 persen di tahun ini,” ujar Vera saat ditemui awak media di Indonesia Knowledge Forum (IKF) 2023, Selasa 10 Oktober 2023.

Baca juga: Bos BCA Beberkan 2 Kunci Penting Pembangunan Berkelanjutan

Seperti diketahui, tren pertumbuhan kredit industri perbankan mulai mengalami peningkatan kembali. Ini bisa dilihat pada Agustus 2023 kredit tumbuh 9,06 persen, setelah dua bulan sebelumnya melambat, yaitu di Juni dan Juli 2023 masing-masing sebesar 7,76 persen dan 8,54 persen.

Vera mengungkapkan, optimisme pertumbuhan kredit tersebut ditopang oleh sektor konsumsi yang merangkak naik. Di antaranya di segmen Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), bahkan kredit UMKM yang tumbuh pesat.

“Sektor konsumsi naik, KPR, KKB juga naik, UMKM malah kita tumbuh lebih cepet dari industri 15 persen,” jelasnya.

Baca juga: BCA Akan Tutup Rekening dengan Saldo Rp0, Catat Tanggalnya!

Sementara, di segmen korporasi, Vera mengakui terjadi perlambatan. Hal ini disebabkan karena korporasi mulai mengakses ke capital market.

“Yang melambat sedikit itu sektor korporasi. Korporasi mungkin karena corporate beberapa udah mulai akses ke capital market, mungkin ada juga yang seasonality, over all pertumbuhannya bagus. Mudah-mudahan (kredit) tumbuh di atas industri,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News