Ari Kuncoro: Inovasi Kebijakan Pemerintah Mampu Jaga Stabilitas Ekonomi

Ari Kuncoro: Inovasi Kebijakan Pemerintah Mampu Jaga Stabilitas Ekonomi

Ari Kuncoro: Inovasi Kebijakan Pemerintah Mampu Jaga Stabilitas Ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro mengapresiasi langkah kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian. Menurutnya, ada beberapa inovasi-inovasi kebijakan yang mampu menjaga perekonomian tetap pada jalurnya.

“Salah satu ciri dari kebijakan ekonomi Indonesia adalah thinking beyond the curve. Ini lah yang saya beri nilai A,” ujar Ari pada economic outlook, 25 Januari 2021.

Salah satu kebijakan tersebut adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sampai dengan 4. Ari menilai kebijakan ini tidak one size fits all, namun bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

“Jadi orang bisa melihat bahwa situasi membahayakan atau tidak dan tidak menutup jalur logistik. Akibatnya masih ada pertumbuhan dan Rupiah stabil. Salah satu kunci dari rupiah yang stabil tadi, tidak hanya manajemen devisa saja tetapi bagaimana kebijakan dirancang agar orang bisa melihat,” tambahnya.

Ari juga mengapresiasi komunikasi yang baik dari pemerintah kepada dunia usaha. Kejelasan kebijakan pemerintah menjadi sinyal jelas bagi para pelaku usaha untuk menjalankan dan merencanakan bisnisnya. Alhasil, kegiatan ekonomi tidak terganggu.

Lebih jauh, munculnya ancaman Omicron dan ketidakpastian ekonomi global saat ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi kebijakan-kebijakan tersebut. Pemerintah diharapkan bisa terus mempertahankan stabilitas perekonomian melalui kebijakan-kebijakan yang sudah ditetapkan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]