Mengenal Investasi Reksa Dana

Mengenal Investasi Reksa Dana

Dibandingkan investasi lain yang ada, investasi reksa dana ramai diminati karena kemudahan sistem yang ditawarkan dan beberapa keuntungan lainnya. Berdasarkan portofolionya, investasi reksa dana dikategorikan menjadi reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran.

Salah satu penyedia layanan reksa dana adalag DBS Treasures, layanan perbankan prioritas yang dihadirkan oleh Bank DBS Indonesia, menghadirkan Intuitive Wealth Management to Empower Confident Decisions untuk membantu nasabah dalam mengambil keputusan investasi yang tepat dan akurat dengan mengandalkan tiga pilar utamanya yaitu proaktif dengan insight terkini, kolaborasi tim ahli berbasis data, serta inovasi digital berkelanjutan.

Investasi Reksa Dana: Pengertian, Jenis, dan Cara Tepat Investasinya

Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal, baik dalam bentuk uang ataupun aset lain, dengan harapan mendapatkan keuntungan dari adanya peningkatan nilai dalam kurun waktu tertentu. Investasi sendiri dapat dinilai sebagai solusi finansial untuk mengembangkan kekayaan agar dapat mencapai taraf hidup yang sesuai aspirasi. Terlebih, investasi memiliki peranan dalam perlindungan nilai aset apabila terjadi inflasi. 

Investasi reksa dana, dibandingkan dengan investasi lain yang ada, merupakan investasi yang ramai peminat. Alasan utamanya terletak pada kemudahan sistem yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan adanya manajer investasi profesional yang mengelola dana kolektif investor untuk disalurkan ke pasar modal sehingga investor tidak perlu menganalisa alokasi investasinya secara mandiri. Selain itu, melalui investasi reksa dana investor juga tidak memerlukan banyak knowledge dan pengalaman sebelum terjun ke dunia investasi. 

Adapun hal lain yang menjadi daya tarik investasi reksa dana antara lain meningkatkan diversifikasi portofolio investasi, likuiditas atau pencairan hasil investasi yang tinggi karena tidak terikat periode tertentu, pengawasan penuh oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta kinerja yang transparan dan dapat dibandingkan antarproduk.

Jenis-jenis Investasi Reksa Dana

Berdasarkan portofolionya, investasi reksa dana dapat dikategorikan menjadi reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Penting bagi investor untuk diingat bahwa keuntungan dalam berinvestasi akan berbanding lurus dengan risiko yang dimiliki mengingat adanya konsep high risk, high return. Masing-masing jenis investasi reksa dana memiliki tingkat risk yang berbeda, sehingga beragam pula return yang diberikan. Berikut penjelasan lengkapnya.

● Reksa dana pasar uang

Setidaknya 80% dana yang dikelola diarahkan ke pasar uang dengan produk seperti deposito, obligasi, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang masa jatuh temponya tidak lebih dari satu tahun. Investasi reksa dana ini memiliki volatilitas yang paling rendah dibandingkan jenis lain sehingga dapat dikatakan relatif aman dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber dana darurat. Meski demikian, margin return dari reksa dana pasar uang tentunya tidak begitu besar, hanya berkisar pada angka 5-6% per tahun.

● Reksa dana pendapatan tetap

Sebagian besar dana, tidak kurang dari 80%, pada investasi reksa dana ini dialokasikan ke obligasi atau surat utang yang return-nya bersifat tetap dalam jangka waktu tertentu. Karenanya, reksa dana ini disebut pendapatan tetap. Return reksa dana ini dapat mencapai kisaran 10% per tahun.

● Reksa dana saham

Pergerakan investasi reksa dana ini bergantung pada saham dan bersifat sangat fluktuatif terlebih dalam waktu singkat. Namun potensi return yang dihasilkan sangat menjanjikan hingga 17-20%, yakni tiga kali lipat dari reksa dana pasar uang. Apabila Anda merupakan investor yang berani mengambil risiko dan berorientasi pada mengembangkan kekayaan untuk jangka panjang, reksa dana ini dapat dikatakan sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai pilihan.

● Reksa dana campuran

Sekurang-kurangnya 80% dana yang ada pada reksadana campuran akan diinvestasikan pada tiga jenis reksa dana yang sebelumnya telah disebutkan. Adapun 11-16% merupakan return yang berpotensi Anda dapatkan.

Investasi Reksa Dana Bersama DBS Treasures

DBS Treasures merupakan layanan perbankan prioritas yang dihadirkan oleh Bank DBS Indonesia bagi nasabah dengan dana kelolaan minimal Rp500.000.000. Sebagai bagian dari komitmennya sebagai mitra manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan nasabah dalam mengelola dan mengembangkan finansial, DBS Treasures memiliki beragam produk investasi yang komprehensif, salah satunya adalah layanan investasi reksa dana. 

Intuitive Wealth Management to Empower Confident Decisions dari DBS Treasures mendukung nasabah untuk mengambil keputusan investasi yang tepat dan akurat dengan mengandalkan tiga pilar utamanya, yaitu proaktif dengan insight terkini, tim ahli finansial yang berkolaborasi menganalisa portofolio dan pasar paling up-to-date, serta inovasi digital berkelanjutan untuk memastikan kelancaran transaksi investasi reksa dana serta seluruh proses komunikasi. Sehingga, Nasabah dapat selalu yakin dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Nikmati keuntungan investasi reksa dana dengan strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda dari DBS Treasures, agar Anda dapat yakin mengambil keputusan yang tepat dan akurat agar meraih hasil yang optimal. Mulai investasi reksa dana Anda sebagai nasabah prioritas dengan DBS Treasures sekarang juga. (*)

Related Posts

News Update

Top News