7 Tahun Beruntun Tugu Insurance Raih Rating Excellent

7 Tahun Beruntun Tugu Insurance Raih Rating Excellent

7 Tahun Beruntun Tugu Insurance Raih Rating Excellent
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menjelang tutup tahun 2022, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berhasil mempertahankan predikat bertaraf global the Financial Strength Rating A- (Excellent) dan the Long-Term Issuer Credit Rating of “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat di bidang asuransi asal Amerika, A.M. Best. 

Dengan diperolehnya Rating A- (Excellent) di tahun 2022 ini, artinya Tugu Insurance telah 7 tahun berturut-turut (2016-2022) mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari A.M. Best dan masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

A.M. Best adalah lembaga pemeringkat kredit global, penerbit berita, dan penyedia analisis data dengan spesialisasi pada industri asuransi. Berkantor pusat di Amerika Serikat, A.M. Best melakukan bisnis di lebih dari 100 negara dengan kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura, dan Mexico City. Setiap tahun, A.M. Best memberikan penilaian kepada lebih dari 16.000 perusahaan asuransi di seluruh dunia.

Dalam rilisnya, A.M. Best mengatakan, rating A- untuk Tugu Insurance mencerminkan kekuatan neraca keuangan Tugu Insurance yang sangat sehat, kinerja operasional yang kuat, profil bisnis yang netral, dan manajemen risiko perusahaan yang tepat. Peringkat tersebut juga mempertimbangkan dampak netral dari entitas induk mayoritas utama perusahaan, PT Pertamina (Persero).

Kekuatan neraca Tugu Insurance didukung oleh risk-adjusted capitalization, yang diukur dengan Rasio Kecukupan Modal (Best’s Capital Adequacy Ratio / BCAR) berada pada level terkuat. Kecukupan modal didukung oleh net underwriting leverage yang rendah dan peningkatan modal internal yang berkelanjutan.

Selain itu, rasio solvabilitas Tugu Insurance oleh A.M. Best juga dinilai masih jauh di atas persyaratan minimum. Faktor neraca yang baik didukung oleh tingkat risiko investasi yang moderat. Tugu Insurance dinilai oleh A.M. Best meskipun memiliki penggunaan reasuransi yang tinggi untuk mendukung penjaminan risiko komersial yang besar termasuk untuk bisnis penerbangan dan energi, namun sebagian besar aset reasuransi tersebut memiliki kualitas kredit yang baik.

“Prestasi Tugu Insurance yang berhasil mempertahankan predikat A- (Excellent) ketujuh kalinya berturut-turut di tahun 2022 ini adalah bukti kekuatan keuangan dan keberhasilan implementasi strategi perusahaan untuk terus tumbuh sambil tetap memperhatikan tingkat risikonya guna mempertahankan keberlanjutan maupun pengembangan usaha,” ujar Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat, dikutip Kamis, 29 Desember 2022.

“Terus berinovasi dan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam menerapkan manajemen risiko adalah kunci Tugu Insurance untuk terus berkembang dan mampu menjawab berbagai peluang maupun tantangan yang ada di industri perasuransian,” pungkas Tatang. Steven Widjaja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]