Paket Kebijakan ke-13 Fokus Dorong e-Commerce dan Perumahan

Paket Kebijakan ke-13 Fokus Dorong e-Commerce dan Perumahan

Jakarta–Sejak September 2015, pemerintah sudah mengeluarkan 12 paket kebijakan ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku, dalam waktu dekat pemerintah akan segera mengumumkan paket kebijakan ekonomi selanjutnya.

Darmin mengatakan, paket kebijakan ekonomi jilid ke-13 yang saat ini tengah dipersiapkan pemerintah, akan fokus pada pengembangan perdagangan daring (e-commerce) serta deregulasi bidang perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Saya rasa mungkin paket ke-13 selanjutnya ini, bisa diumumkan lusa (Jumat, 5/8) atau pekan depan,” ujar Darmin saat sarasehan koordinasi nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Gedung BI, Jakarta, Rabu malam, 3 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, dua usulan insentif paket kebijakan ekonomi di jilid ke-13 ini akan dibahas dan difinalisasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pertemuan Kamis (4/8). Menurutnya, 12 paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah sudah berjalan efektif.

Dia mengungkapkan, bahwa seluruh paket kebijakan tersebut menyasar pada perbaikan fundamental untuk memperbaiki iklim investasi dan usaha. “Kita coba mempermudah sistem penyelenggaraan, karena peran dunia usaha dan investasi juga penting untuk mendorong pembangunan,” tukasnya.

Di tengah melambatnya perekonomian global saat ini, kata dia, pembangunan sebaiknya memprioritaskan sektor pariwisata dan perikanan. Kedua sektor ini dinilai paling mudah dikembangkan untuk meraup investasi, karena sudah memiliki pasar potensial di dalam negeri.

“Karena pasarnya ada, maka itu lebih mudah didorong investasi, pariwisata kita punya perikanan banyak dijual di luar negeri,” papar Darmin.

Kemudian, lanjut Darmin, sektor lainnya yang dapat dikembangkan adalah bidang farmasi. “Lalu industri yang paling besar permintaannya adalah farmasi karena sektor ini didorong pemerintah berapa dana yang disediakan pemerintah dan pemakaian obat,” tutupnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

One Response to "Paket Kebijakan ke-13 Fokus Dorong e-Commerce dan Perumahan"

  1. Pingback: Paket Kebijakan Jilid 14 Fokus ke Regulasi Daerah | Infobanknews

Leave a Reply

Your email address will not be published.