Keuangan Syariah Solusi Perlambatan Ekonomi Global

Keuangan Syariah Solusi Perlambatan Ekonomi Global

Jakarta –  Keuangan syariah berpotensi menjadi salah satu solusi dunia dalam mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Pasalnya, sistem keuangan syariah snagat relevan dengan pencapaian target SDGs.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad saat menjadi pembicara dalam Seminar Keuangan Syariah di Washington DC, Amerika Serikat yang digelar oleh World Bank dan Islamic Financial Services Board, beberapa waktu lalu.

“Prinsip-prinsip khas keuangan syariah yang memihak pada pemerataan pendapatan dan berorientasi pada kegiatan sosial lingkungan, menjadikan pengembangan sistem keuangan syariah menjadi sangat relevan dengan pencapaian target-target SDGs,” kata Muliaman.

Keuangan syariah, lanjut dia, tidak hanya bisa menjangkau aspek pemberantasan kemiskinan tetapi juga mencakup peningkatan kesehatan, penyediaan pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, antisipasi perubahan iklim dan juga penurunan tingkat ketimpangan tingkat pendapatan.

Muliaman menerangkan, OJK sebagai otoritas sektor jasa keuangan di Indonesia terus mendorong perkembangan sektor keuangan syariah mulai dari sektor perbankan syariah, IKNB syariah dan pasar modal syariah.
Dalam seminar ini mengemuka bahwa konflik politik dan bencana alam akhir-akhir ini mengakibatkan 1 miliar populasi dunia masih berada pada jurang kemiskinan; 1,1 milar penduduk dunia hidup tanpa listrik; dan 2,5 miliar penduduk tanpa sanitasi yang layak.

Lebih lanjut lagi, sebagian dari populasi tersebut berada di negara dengan mayoritas penduduk muslim dengan Indonesia menyumbang sekitar 28 juta orang penduduk miskin dunia. (Selanjutnya : Share industri syariah meningkat…)

Pages: 1 2

2 Responses to "Keuangan Syariah Solusi Perlambatan Ekonomi Global"

  1. Pingback: Keuangan Syariah Solusi Perlambatan Ekonomi Global | One Click Insurance

  2. Pingback: Ini 8 Bank Peserta Pilot Project Sustainable Bank OJK | Infobanknews

Leave a Reply

Your email address will not be published.