CCSN Siap Luncurkan Indeks Daerah Pintar 2016

CCSN Siap Luncurkan Indeks Daerah Pintar 2016

Jakarta–Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) akan meluncurkan hasil studi Indonesia Smart Nation Index 2016 (Indeks Daerah Pintar 2016) sekaligus mengumumkan daerah-daerah dengan raihan nilai indeks tertinggi, pada Malam Penganugerahan Indonesia Smart Nation Award 2016 tanggal 29 November 2016 di Hotel Bidakara – Jakarta.

Indeks ini mengukur kondisi seluruh daerah di Indonesia (34 provinsi, 412 kabupaten, dan 93 kota) berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber (data kementerian/lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, web resmi Pemda) dan analisis 72 media cetak nasional maupun lokal serta 100 media daring.

Berdasarkan rilis yang diterima infobank, Rabu, 23 November 2016, Indonesia Smart Nation Index sendiri pada dasarnya dihitung dari dua indeks penyusun, yaitu indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) dan indeks kinerja daerah pintar (Smart Region Index). (Baca juga: 9 Daerah Raih Indeks Terbaik di ISNA 2015)

Di dalam Smart Readiness Index, terdapat lima dimensi yang diukur, yaitu sumber daya alam (nature), struktur, infrastruktur, suprastruktur, dan kultur sebuah daerah.

Sedangkan pada Smart Region Index, terdapat enam dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, dimensi smart branding, dimensi smart living, dimensi smart society, dan dimensi smart environment.

Founder & Chairman Citiasia, Dr. Cahyana Ahmadjayadi mengatakan, kelebihan dari studi tentang pemeringkatan daerah ini dibandingkan lainnya karena telah memanfaatkan metode big data analytic yang dikembangkan oleh Citiasia,Inc. yang disebut Big CAT (Citiasia Tools for Big Data Analytic), yang memungkinkan diolahnya data yang berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat. (Selanjutnya: Gambarkan kondisi wilayah)

Related Posts

News Update

Top News