Bank Dunia Apresiasi Perubahan Positif Birokrasi Indonesia

Bank Dunia Apresiasi Perubahan Positif Birokrasi Indonesia

Jakarta–Bank Dunia mengapresiasi perubahan positif pada birokrasi di Indonesia. Indonesia memang sedang menggancarkan penggunaan sistem online (daring) bagi berbagai pelayanan birokrasi. Dalam Laporan Doing Business terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, Indonesia masuk dalam daftar negara-negara yang melakukan perubahan dengan mengurangi keruwetan peraturan dan biaya.

Bank Dunia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Indonesia dalam memperkenalkan sistem elektronik atau sistem online untuk berbagai pelayanan masyarakat, misalnya untuk pengisian dan pembayaran iuran jaminan sosial. Selain itu, ada pemotongan dalam prosedur registrasi pajak, jaminan sosial atau perijinan sehingga menjadi lebih mudah.

Kemudahan juga diberikan kepada pelaku usaha yang membuka usaha di Jakarta. Hal ini menjadi catatan positif tersendiri oleh Bank Dunia. Menurut laporan ini, proses memulai usaha di Jakarta dipermudah dengan pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk mendaftar kepada Kementerian Tenaga Kerja. Selain itu, Indonesia dianggap telah meningkatkan akses kepada pinjaman dengan memungkinkan pencarian status pendaftaran agunan dengan menggunakan nama debitur. (*) Apriyani Kurniasih

Related Posts

News Update

Top News