7 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Berlibur

7 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Berlibur

Kota Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di daerah khatulistiwa. Samarinda termasuk kota yang cukup panas dengan rata-rata suhu udara mencapai 27°-28°C menurut BPS.

Curah hujan dan kelembapan udara pun termasuk tinggi dibanding kota lain di Indonesia. Nah, mengingat tipe cuaca yang cukup panas tersebut, tentu Anda perlu persiapan khusus sebelum berlibur ke Samarinda.

Selain usaha untuk cari tiket pesawat jauh-jauh hari, perlengkapan yang akan dibawa juga perlu dipersiapkan. Berikut tips mengenai perlengkapan apa saja yang sebaiknya dibawa saat berlibur, khususnya ke Samarinda.

1. Pelembap/sunblock

Dilihat dari cuaca yang cukup panas di Samarinda, sangat penting untuk memikirkan mengenai kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Paparan tinggi dari sinar matahari tentu memiliki risiko tersendiri. Ada baiknya membekali diri dengan produk pelembab kulit. Pilihlah produk sunblock yang memiliki SPF minimal 30. Perlu diingat juga bahwa pemakaian sunblock perlu pengulangan setiap 2 jam agar mendapat hasil yang efektif.

2. Kacamata hitam

Jangan dikira kacamata hitam hanya untuk bergaya, ya. Meski memang secara estetika lebih menarik, kacamata hitam juga sebenarnya sangat penting untuk kesehatan mata lho. Paparan sinar ultraviolet yang sangat tinggi saat cuaca panas bisa membahayakan tak hanya kulit namun juga lensa di dalam mata jika tidak dikontrol. Oleh karena itu, penggunaan kacamata akan sangat membantu untuk melindungi mata. Pilihlah kacamata hitam yang bisa mereduksi minimal 50% dari cahaya matahari.

3. Topi

Fungsi topi juga untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari terutama daerah sekitar wajah. Anda tentu tak ingin bukan sepulang berlibur justru membawa oleh-oleh kulit wajah yang gosong. Bahkan untuk Anda perempuan berjilbab sekalipun, topi sangat membantu untuk perlindungan yang lebih maksimal. Selain juga lebih praktis jika dibanding harus membawa payung ke mana-mana.

4. Kaos/baju katun

Saat memilih pakaian, usahakan kenyamanan menjadi faktor utama. Apalagi di daerah cuaca yang panas, Anda memerlukan bahan pakaian yang lebih banyak menyerap keringat. Bahan katun bisa menjadi alternatif pilihan. Perkirakan juga dengan cermat pakaian apa saja yang perlu dibawa sehingga tidak merepotkan saat harus packing dan membawa barang-barang ke tempat liburan.

5. Botol air minum

Cuaca panas menyebabkan penguapan air yang tinggi. Begitu pula yang terjadi di dalam tubuh kita. Ketika sedang asyik menikmati tempat wisata di Samarinda, tanpa sadar tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Karena itu, sangat penting untuk selalu mengatur asupan cairan saat berwisata. Cara paling mudah adalah dengan membawa botol air minum sendiri. Selain mengurangi produk sampah plastik, Anda juga bisa mengontrol kebutuhan cairan dengan lebih baik.

6. Kamera

Nah, perlengkapan satu ini tentu tak boleh dilewatkan. Ada banyak tempat indah di Samarinda yang sayang jika tidak diabadikan. Anda pasti juga ingin menambah stok foto untuk update di media sosial, bukan? Jika memiliki kamera, persiapkan dengan baik untuk membawanya saat berwisata. Cek dengan baik berbagai komponennya, seperti ketersediaan baterai atau kartu memori. Pikirkan juga perlindungan yang tepat saat membawanya ke mana-mana.

7. Power bank

Meski sepertinya sepele, membawa power bank ataupun baterai cadangan saat bepergian bisa sangat membantu lho! Apalagi jika ada momen khusus yang memerlukan kamera untuk mengabadikan. Jangan sampai menyesal saat sudah jauh-jauh ke Samarinda.

Bagaimana? Apakah kini Anda sudah siap untuk berwisata ke Samarinda? Anda bisa segera memesan tiket pesawat Sriwijaya dengan mudah melalui aplikasi Airy. Semua transaksi yang dilakukan dijamin aman dan tidak mengecewakan. Apalagi dengan adanya fasilitas refund dan reschedule yang membuat Anda tak perlu khawatir saat ada masalah dalam pemesanan tiket. Yuk, segera rencanakan liburan bersama Airy. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.