Yuk Intip Isi Kandungan Vaksin

Yuk Intip Isi Kandungan Vaksin

Indonesia dinilai sudah punya pengalaman bertahun-tahun dalam memproduksi, mendistribusikan, hingga mengimplementasikan vaksin.

Sistem rantai dingin (cold chain) yang menjadi salah satu unsur penentu kualitas vaksin saat didistribusikan juga sudah terbangun dengan baik.

Namun, sejauh ini tidak banyak orang mengetahui isi kandungan dalam vaksin itu apa. Seperti diketahui, vaksin berfungsi untuk memicu pembentukkan sistem imun tubuh. Untuk dapat melakukan itu, menentukan kandungan vaksin menjadi penting.

Mengitip situs satgas penanganan covid-19, secara umum, vaksin memiliki 4 kandungan, yaitu antigen, adjuvant, pengawet, dan stabilisator.

Proses pengembangan vaksin pun dikawal ketat dari awal sampai dengan produksi, izin edar, distribusi, dan pelaksanaan vaksinasi, karenanya vaksin sudah pasti dijamin keamanan dan efektivitasnya.

Pengembangan vaksin sendiri melewati berbagai tahapan yang diawasi dengan ketat dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah berdasarkan data sains dan standar kesehatan.

Pemerintah sendiri menjamin bahwa vaksin yang nanti didistribusikan ke masyarakat adalah vaksin yang lulus semua tahapan uji klinik, sehingga aman dan efektif. Jadi jangan khawatir terkait pendistribusian vaksin kedepan. Vaksin melindungi diri, dan melindungi Negeri. (*)

Related Posts

News Update

Top News