WSBK 2023 Digelar, Okupansi Kamar Hotel di Mandalika Capai 85%

WSBK 2023 Digelar, Okupansi Kamar Hotel di Mandalika Capai 85%

Jakarta – Perhelatan World Superbike Championship (WSBK) 2023 di Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023 turut memberikan angin segar bagi ekonomi di kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hingga Kamis, 2 Maret 2023, tingkat okupansi kamar hotel di kawasan tersebut mencapai angka 85%. Peningkatan kamar hotel sendiri menandakan dampak riil bagi sektor ekonomi dan pariwisata di sana.

“Bahkan, kami optimis selama pergelaran WSBK 2023 meningkat bisa sampai angka 100 persen,” kata Ketua Mandalika Hotel Association Syamsul Bahri, dikutip, 2 Maret 2023.

Lanjutnya, meski tingkat okupansi kamar hotel naik, namun tidak dimanfaatkan pihak hotel untuk menaikan tarif hotel. Sebaliknya, manajemen hotel di sana justru berlomba meningkatkan sisi pelayanan kepada para tamu khususnya dari turis mancanegara.

“Kenaikan harga tidak terjadi, justru pelayanan semakin ditingkatkan seperti makanan dan minuman juga disediakan untuk pengunjung,” pungkasnya.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sendiri menargetkan jumlah penonton yang hadir dalam ajang World Superbike (WSB) 2023 di Mandalika meningkat sebanyak 20-30 persen atau mencapai 75 ribu orang.

“Termasuk membuka lapangan pekerjaan yang ditargetkan sebesar 4,4 juta di tahun 2024 mendatang. Kita menargetkan capaian tersebut karena didukung dengan infrastruktur yang sudah terbangun,” pungkasnya.

Daya Tarik World Superbike 2023

Dinukil laman resmi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), penyelenggaraan tahun ketiga World Superbike Championship (WSBK) 2023 memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Satu perbedaan yang paling terlihat pada ajang WSBK Mandalika 2023 dibandingkan tahun sebelumnya yakni jumlah marshal (panitia) asing yang bergabung.

Jika pada 2022 ada 11 marshal asing, pagelaran World Superbike 2023 hanya terdapat satu marshal asing, alias 99% dilakukan oleh orang Indonesia.

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap kelas dunia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan panjang 4,31 km, Sirkuit Mandalika memiliki total 17 tikungan yang siap ditaklukan oleh pembalap dunia dalam ajang perlombaan World Superbike 2023. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News