Wah! Konsumsi Masyarakat Bakal Meningkat di Tahun Politik

Wah! Konsumsi Masyarakat Bakal Meningkat di Tahun Politik

Jakarta – Menjelang tahun pemilu (pemilihan umum) 2024 perekonomian Tanah Air patut diwaspadai. Namun, Ekonom Senior INDEF Aviliani menyatakan bahwa di tahun politik akan meningkatkan konsumsi masyarakat yang dapat berkontribusi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Aviliani menjelaskan, peningkatan konsumsi akan ditopang oleh pembiayaan yang dikeluarkan para partai politik dan calon-calon pemimpin rakyat yang mengikuti Pemilihan Umum 2024.

“Tahun politik itu cenderung justru kalau kita lihat banyak spending yang dilakukan oleh partai politik sehingga akan terjadi peningkatan paling tidak dari dana-dana yang dikeluarkan oleh partai politik maupun calon-calon yang mau jadi anggota DPR,” kata Aviliani di Jakarta, dalam Webinar INDEF Tantangan Ekonomi di Tahun Politik, Kamis, 2 maret 2023.

Dia menambahkan, tetap perlu diwaspadai terjadinya risiko benturan di tahun politik ini. Meskipun jika dilihat dari tren dua kali periode sebelumnya benturannya cenderung lebih rendah.

Selain itu, di tahun politik, hal yang perlu dilakukan adalah memastikan kebijakan (policy) pemerintah berkesinambungan sehingga mendukung investor untuk berinvestasi.

“Orang itu biasanya takut dalam investasi itu karena biasanya kalau sudah mulai ganti presiden policy-nya juga berubah. Ini memang perlu penguatan dalam Bappenas kita,” ujarnya.

Sehingga, program-program yang ada di pemerintahan sebelumnya harus dapat dilanjutkan di pemerintahan selanjutnya dengan pemimpin baru untuk memberikan kepastian bagi investor.

“Jadi harusya visi misi itu tidak selalu berbeda setiap presiden tapi bagaimana melanjutkan program-program yang sudah ada. Ini yang mungkin perlu diyakinkan sehingga investasi akan tetap ada,” jelas Aviliani. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News