Wapres: Peran Penting Hamzah Washal dalam Pengembangan Eksyar

Wapres: Peran Penting Hamzah Washal dalam Pengembangan Eksyar

Ma'ruf Amin: Pandemi COVID-19 Buka Peluang Besar Produk Halal
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, menekankan pentingnya peran hamzah washal sebagai peran katalis bagi setiap unsur bangsa sesuai kewenangannya masing-masing guna memacu pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

“Salah satu wujud peran hamzah washal yang signifikan adalah melalui akselerasi penguatan Global Halal Hub (GHH), serta terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah ekosistem halal akan mempermudah proses hilirisasi yang akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal,” ucap Wapres RI dalam keterangan resminya dikutip 6 Oktober 2022.

Selain itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyambut arahan Wapres RI tersebut dengan mencanangkan tiga inisiatif baru dalam perhelatan ISEF ke-9 tahun 2022 ini sebagai upaya konkret implementasi peran hamzah washal yang dilaksanakan secara berjamaah untuk memperkuat pengembangan ekonomi keuangan syariah di Indonesia.

Inisiatif yang pertama adalah penyelenggaraan Indonesia International Modest Fashion Festival (In2MotionFest) yang diharapkan nantinya dapat menjadi modest fashion rujukan dunia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Indonesia Fashion Chamber (IFC).

Lalu yang kedua, Gerakan Akselarasi Sertifikasi Halal melalui koordinasi yang erat antar Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengakselarasi sertifikasi halal sesuai dengan kewenangan masing-masing institusi.

Kemudian yang ketiga, terkait dengan penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH) yang merupakan sebuah ekosistem sinergi untuk mempercepat pengembangan produk halal unggulan lokal berorientasi global.

Perhelatan ISEF ke-9 tersebut diselenggarakan mulai dari tanggal 5-9 Oktober 2022 secara hibrid. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari webinar bertaraf nasional dan internasional, business matching, showcase internasional, serta eksibisi.

Adapun, penyelenggaraan ISEF ke-9 merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan sejumlah lembaga dalam mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan seluruh anggota Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS).

Melalui perhelatan tersebut diharapkan menjadi momentum untuk semakin memperkuat upaya mengintegrasikan pemikiran dan inisiatif seluruh penggiat eksyar dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah guna mendukung Indonesia sebagai pusat eksyar terkemuka di dunia. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]