Wapres Dorong Santripreneur Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah

Wapres Dorong Santripreneur Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah

Wapres Dorong Santripreneur Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruf Amin mengatakan, sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam membangun ekonomi. Melalui Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Pesantren didorong untuk memiliki keterampilan dalam menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kita harus melahirkan Gus Iwan yaitu santri bagus, pinter ngaji dan usahawan, santripreneur namanya. supaya kita memakmurkan bumi dan kita menuju Indonesia yang maju dan sejahtera. Santri punya kewajiban ekonomi seperti apa? yang harus kita bangun itu ekonomi yang berdasarkan Syariah namanya ekonomi syariah,” ujar Wapres, Senin, 31 Oktober 2022.

Lanjutnya, ekonomi syariah sekarang di Indonesia sudah menjadi sistem nasional dan menjadi gerakan nasional. Di pusat, ada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan di daerah sudah terbentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

“Kita lagi membangun ekonomi syariah, tadi OJK bilang potensinya 11% tapi saya ingin 16%, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) keluarkan sukuk nanti langsung 16%,” pungkasnya.

Wapres berpesan, agar para santri menggerakan ekonomi syariah, jangan sampai ada lahan-lahan yang tidak produktif. Selain itu, produk-produknya juga ada yang memasarkan baik di dalam maupun luar negeri.

“Jangan sampai orang membuat sesuatu nggak bisa dipasarkan, maka santri-santri juga harus menjadi hamzah washal atau pengusaha yang mengolah dan menghilirisasi produk kemudian menjual kemana-mana sekarang kan melalui online bisa,” jelasnya. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]