Viral Baliho Ridwan Kamil ‘OTW Jakarta Nih’, Kode Keras Maju Pilgub DKI?

Viral Baliho Ridwan Kamil ‘OTW Jakarta Nih’, Kode Keras Maju Pilgub DKI?

Jakarta – Nama Ridwan Kamil (RK) mendadak viral di media sosial setelah beredar foto baliho dirinya hendak melakukan perjalanan ke Jakarta. 

Dari foto baliho yang dibagikan akun X @txtdaribandung, RK mengenakan kemeja flannel biru sembari menggendong tas ransel.

Pada foto baliho tersebut juga tertera potongan pesan berisi pertanyaan, “Lagi jalan ke mana, Kang?”.

Pesan tersebut seolah mengisyaratkan bahwa eks Gubernur Jawa Barat itu akan melakukan perjalanan ke Ibu Kota. “OTW Jakarta nihh”.

Beredarnya foto baliho tersebut membuka pelbagai spekulasi publik. Ada yang menilai sebagai langkah politik RK untuk nyalon dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Baliho Ridwan Kamil “OTW Jakarta nihhh” viral di media sosial/istimewa

Menanggapi hal tersebut, RK pun mengucapkan rasa terima kasih atas segala perhatian dan dukungan semua pihak.

“Terima kasih atas dukungan dan antusiasme masyarakat. Namun saya harap masyarakat bersabar. Mohon tunggu di 29 Februari 2024,” ujarnya, dikutip Jumat, 23 Februari 2024.

Politisi Partai Golkar itu pun meminta publik untuk bersabar dan pengertian atas keterlibatan dirinya dalam agenda politik Pilgub DKI Jakarta.

Baca juga : Golkar Manfaatkan Ridwan Kamil Untuk Dongkrak Suara Pemilih Muda

Sebab, saat ini dirinya mengaku masih mempertimbangkan sejumlah aspek dalam langkah politiknya. Apabila sudah siap, RK berjanji akan memberikan keterangan resmi kepada masyarakat.

Menariknya, langkah RK maju dalam Pilgub DKI Jakarta seolah mendapat “restu” banyak pihak. Hal ini tercermin dari hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang dilakukan pada 8-15 Januari 2024 terkait elektabilitas sejumlah calon gubernur (cagub) DKI Jakarta.

Hasilnya, nama Ridwan Kamil berhasil menyalip nama-nama beken lain seperti Anies Baswedan Basuki Tjahaja Purnama, dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto mengatakan, nama Ridwan Kamil memimpin dengan perolehan suara sebanyak 23,4 persen. Di posisi kedua ada Tri Rismaharini 19,2 persen, Anies Rasyid Baswedan 18,4 persen, Basuki Tjahaja Purnama 8,7 persen.

Lalu, Heru Budi Hartono 5,5 persen, Kaesang Pangarep 3,9 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 3,5 persen dan Ahmad Sahroni 3,2 persen.

Profil Ridwan Kamil

Mochammad Ridwan Kamil atau beken dengan sebutan Kang Emil ini lahir pada 4 Oktober 1971. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Dr. Atje Misbach, S.H dan Dra. Tjutju Sukaesih. 

Melansir laman gramedia.com, sedari kecil RK dikenal sebagai sebagai anak yang cerdas dan aktif. Hebatnya, di usia sekecil itu jiwa entrepreneurnya sudah tumbuh dengan menjual es mambo buatan tangannya sendiri dan untung besar.

RK pun menghabiskan masa sekolahnya di kota Bandung. Pada 1978, ia masuk sekolah dasar di SDN Banjarmasin III Bandung. Lalu pada sekolah menengah pertama, dirinya bersekolah di SMP Negeri 2 Bandung pada 1984. Kemudian, melanjutkan sekolah akhirnya di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987.

Setelah lulus SMA, dirinya melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung. RK resmi memperoleh gelar insinyur di usia 24 tahun dari jurusan arsitek ITB.

RK pun mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi pujaan hatinya bernama Atalia Praratya Kamil. Pernikahan keduanya dilakukan pada tahun 1996. 

Dari pernikahan tersebut, mereka dikarunia tiga orang anak yang bernama Emmiril Khan Mumtadz, Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach.

Baca juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Segini Kekayaan Ridwan Kamil

Singkat cerita, pada 2013, dirinya  maju di Pilkada Kota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. 

Dirinya pun terpilih menjadi Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Selama menjadi Wali Kota Bandung, RK kerap melakukan pelbagai program pro rakyat serta membesarkan kembali nama Bandung di mancanegara.

Pada Pilgub Jabar 2018, RK maju sebagai calon gubernur yang kala itu berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Dirinya pun berhasil menjadi Gubernur Jawa Barat.

Pada Pilpres 2024, namanya pun sempat digadang-gadang menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo dan Prabowo. Hal ini lantaran RK sempat diundang oleh Prabowo, dan juga dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (*)

Related Posts

News Update

Top News