Nasional

Jelang Akhir Masa Jabatan, Segini Kekayaan Ridwan Kamil

Jakarta – Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 berakhir pada Selasa, 5 September 2023. Untuk mengisi kekosongan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Pj Guberbur Bey Machmudin, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Protokol, Pers dan Media di Sekretariat Presiden.

Pada gelaran West Java Festival 2023 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil ini memberikan sambutan sekaligus salam perpisahan kepada warga Jabar di akhir masa jabatannya.

“Terima kasih warga Jawa Barat sudah mempercayakan saya mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup Anda semuanya dan kalau Jawa Barat bisa juga insyaAllah Indonesia pasti bisa seperti Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari akun @keluargark, Senin, 4 September 2023.

Baca juga: Jadi Cawapres Anies Baswedan, Segini Kekayaan Cak Imin 

Selama 5 tahun mempimpin Jabar, Ridwan Kamil rutin melaporkan harta kekayaannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan data di situs e-LHKPN KPK.

Berdasarkan data di situs e-LHKPN KPK, total harta kekayaan Ridwan Kamil yang tercatat hingga 31 Desember 2022 yang dilaporkan senilai Rp23,76 miliar.

Jika dirinci, Ridwan Kamil memiliki kekayaan yang bersumber dari tanah dan bangunan dengan total Rp19.444.126.000. Tanah dan bangunannya tersebar di Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Jakart Selatan, hingga Gianyar, Bali.

Selain itu, Ridwan Kamil juga melaporkan kepemilikan alat transportasi dan mesin senilai Rp488,7 juta. Kendaraannya di antaranya adalah mobil Hyundai Santafe Jeep tahun 2017, dan motor Royal Enfield Classic 500 tahun 2017.

Ada juga motor Kawasaki W175 tahun 2019, motor Honda Beat Matic 108 tahun 2018 dan Honda CBR Second tahun 2019.

Baca juga: Resmi Dipecat PDIP, Segini Kekayaan Budiman Sudjatmiko

Sedangkan kekayaan Ridwan Kamil yang berasal dari kas dan setara kas senilai Rp5,94 miliar. Dia juga melaporkan harta bergerak lainnya senilai Rp429 juta, surat berharga senilai Rp720 juta dan harta lainnya Rp213,29 juta. Adapun utang yang dilaporkan Ridwan Kamil sebesar Rp3,4 miliar.

Jika dibandingkan dari tahun ke tahun, nilai harta kekayaan kekayaan Ridwan Kamil pada 2022 tercatat naik Rp8,7 miliar atau 57 persen dari posisi 2018. Pada tahun tersebut (2018), Ridwan Kamil pertama menjabat sebagai gubernur Jabar melaporkan harganya senilai Rp15,05 miliar. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Masuk Bursa Calon Menkeu Prabowo, Wamen BUMN Tiko: Saya Tidak Tahu

Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN), Kartika Wirjoatmodjodi atau akrab disapa Tiko… Read More

11 mins ago

OJK Restui BPR dan BPRS IPO, Begini Respons BEI

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan BPR Syariah… Read More

38 mins ago

Melesat 59,8 Persen, Laba Sun Life Jadi Rp159,09 Miliar di 2023

Jakarta - PT Sun Life Financial Indonesia mencatatkan kinerja positif sepanjang 2023. Perseroan berhasil membukukan… Read More

1 hour ago

Begini Cara CIMB Niaga Perluas Layanan dan Akses Perbankan di Pontianak

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperluas layanan dan akses perbankan bagi nasabahnya di Tanah… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Serahkan Kebijakan PPN 12 Persen di 2025 ke Pemerintahan Prabowo

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi… Read More

2 hours ago

Bertemu Elon Musk, Jokowi Dorong Investasi SpaceX hingga Tesla di RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk di… Read More

3 hours ago