Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Jakarta–Traveloka berkomitmen untuk mendorong digitalisasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui kontribusi dalam pemulihan sektor pariwisata, pemberdayaan talenta, serta percepatan transformasi digital. Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka, menuturkan bahwa digitalisasi mendorong manfaat luar biasa dengan menawarkan peluang pertumbuhan ekonomi baru di berbagai sektor, termasuk industri pariwisata.

DIY merupakan salah satu destinasi wisata penting di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan tingkat penetrasi digital yang tinggi. Menurut riset East Ventures Digital Competitiveness Index (EV DCI) 2022, DIY berada di peringkat ketiga daya saing digital dengan skor 60,6. Oleh karena itu, Traveloka melihat bahwa transformasi digital juga turut berkontribusi dalam membangun sektor pariwisata di DIY.

Langkah Traveloka telah sukses merangsang pertumbuhan pariwisata Yogyakarta dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi. Menurut data internal Traveloka, pencarian konsumen terhadap destinasi Yogyakarta meningkat hampir 40% pada tahun 2022, dibandingkan dengan tahun 2021. Permintaan konsumen terhadap Borobudur meningkat lebih dari 60% pada tahun 2022, dengan 4 atraksi lokal yang paling diminati oleh wisatawan, di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur, Jogja Bay Waterpark dan Candi Ratu Boko.

Dari segi transportasi, permintaan pencarian menuju DIY juga terus mengalami peningkatan yang signifikan, di mana tercatat peningkatan permintaan penerbangan dan moda transportasi darat Bus & Shuttle masing-masing lebih dari 2x sepanjang tahun 2022 dibandingkan 2021. Kenaikan ini turut didorong melalui beragam tawaran produk dan layanan perjalanan Traveloka yang selalu berfokus untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pemulihan pariwisata dan kesehatan masyarakat di Yogyakarta, Traveloka juga aktif mempromosikan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE) kepada seluruh partner akomodasi di DIY. Traveloka juga turut berpartisipasi dalam vaksinasi massal di DIY kepada para pekerja pariwisata, tenaga pendidik, dan lansia. Hal itu dibuktikan dengan pembukaan sentra vaksinasi Covid-19 yang telah mendistribusikan total vaksin sebanyak lebih dari 15.000 dosis.

Selain itu, Traveloka juga memberdayakan talenta pariwisata dengan bermitra dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC) untuk memberikan pelatihan kepada SDM mitra bisnis akomodasi terkait pariwisata berkelanjutan. Hingga saat ini terdapat 25 hotel yang dilatih Traveloka, termasuk hotel-hotel yang berada di DIY.

“Harapannya, melalui pelatihan tersebut, sumber daya manusia industri akomodasi yang merupakan garda terdepan pariwisata, dapat menerapkan berbagai prinsip berkelanjutan yang berstandar global Traveloka terus berupaya untuk mendukung implementasi prinsip keberlanjutan tersebut,” ungkap Iko.

Sebagai komitmen Traveloka dalam percepatan implementasi teknologi di sektor pariwisata, sejalan dengan agenda Kemenparekraf, Traveloka secara aktif mempromosikan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Melalui platform Traveloka, konsumen memiliki akses untuk dapat dengan mudah menemukan beragam atraksi wisata lokal seperti Borobudur sehingga para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdaftar di platform Traveloka dapat memperluas jangkauan konsumennya.

Related Posts

News Update

Top News