Traveloka dan Philippine Airlines Perkuat Kerja Sama Strategis

Traveloka dan Philippine Airlines Perkuat Kerja Sama Strategis

Manila–Traveloka mempertegas kolaborasi strategis dengan Philippine Airlines untuk menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan para wisatawan. Inisiatif kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Traveloka untuk memperkuat pertumbuhan pariwisata di Filipina dan di Kawasan Asia Tenggara.

Kerja sama strategis tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara Traveloka dan Philippine Airlines yang ditandatangani di Manila pada Selasa (28/2/2023). MoU ini ditandatangani oleh Iko Putera, CEO Transport Traveloka dan Captain Stanley K. Ng, President & COO Philippine Airlines.

Berdasarkan data Departemen Pariwisata Filipina, jumlah wisatawan yang mengunjungi Filipina dari kawasan Asia Tenggara sepanjang awal pandemi 2020 turun drastis dibandingkan tahun 2019. Namun, pada akhir tahun 2022, seiring dengan upaya pemulihan ekonomi dan sektor pariwisata, jumlah pelancong dari kawasan Asia Tenggara menuju Filipina mulai meningkat mencapai 188 ribu wisatawan, atau mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat.

Pemulihan perjalanan di Filipina juga terlihat dari data internal Traveloka sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Jumlah pengunjung yang datang ke Filipina dari negara-negara Asia Tenggara di mana Traveloka beroperasi, meningkat sebanyak delapan kali lipat. Sementara itu, jumlah penumpang yang menggunakan penerbangan Philippine Airlines ke berbagai tujuan internasional meningkat hampir dua kali lipat.

“Sejak 2015, Traveloka telah berekspansi ke 6 negara di Asia Tenggara, termasuk Filipina. Kehadiran kami di Filipina merupakan wujud komitmen kami dalam menyediakan layanan yang fokus pada kebutuhan konsumen yang semakin dinamis. Selain itu, memberikan kemudahan akses melalui adopsi teknologi yang dapat digunakan untuk memenuhi aspirasi perjalanan konsumen di Asia Tenggara,” kata Iko dalam rilis resmi perusahaan pada 1 Maret 2023.

Traveloka memahami bahwa konsumen memiliki kebutuhan dan aspirasi yang beragam, termasuk dalam hal merencanakan perjalanan wisatanya. Untuk itu, Traveloka senantiasa berinovasi memberikan produk dan layanan yang relevan, serta terbuka untuk menjalin kemitraan strategis dan kolaborasi dengan berbagai pemain di industri pariwisata untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumen. Salah satunya adalah dengan Philippine Airlines.

Captain Stanley K. Ng, Presiden “Kami senang menjalin kerja sama dengan Traveloka, yang akan memperkuat hubungan kami dengan pasar global. Harapan kami dalam membangun kemitraan ini adalah untuk membuka opsi perjalanan baru bagi konsumen kami untuk terbang dengan Philippine Airlines ke berbagai tujuan indah di seluruh Filipina, dan juga ke berbagai tujuan internasional.”

Filipina merupakan salah satu negara tujuan wisata di Asia Tenggara yang telah membuka perbatasan bagi wisatawan asing. Negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alamnya ini menjadi tujuan wisata yang semakin menarik untuk dijelajahi. Mulai dari ibu kota metropolitan Manila, destinasi populer Boracay dan Cebu, hingga berbagai destinasi wisata yang sedang naik daun, seperti Siargao, El Nido, Coron, dan Kepulauan Balabac.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Iko menambahkan, “Kolaborasi antara Traveloka dengan Philippine Airlines ini memberikan berbagai pilihan dan fleksibilitas bagi para pelaku perjalanan untuk dapat menikmati dan menjelajahi destinasi wisata di Filipina yang lebih personal dan unik. Kami berharap kemitraan ini akan memberikan kontribusi positif bagi pemulihan pariwisata di Filipina dan Asia Tenggara.”

Related Posts

News Update

Top News