Totalitas, Bos Wuling Finance Alan Wang Raih ‘Top Young CEO 2023’ dari Infobank

Totalitas, Bos Wuling Finance Alan Wang Raih ‘Top Young CEO 2023’ dari Infobank

Jakarta— Infobank Media Group memberikan penghargaan kepada Alan Wang, Presiden Direktur SGMW Multifinance (Wuling Finance) atas keberhasilannya yang mampu mendongkrak bisnis perusahaan melalui manajemen tim yang solid.

Penghargaan bertema “Infobank Top 100 CEO 2023” yang digelar di Four Seasons Hotel Jakarta pada Selasa (5/12) itu didedikasikan kepada para leaders yang dinilai mampu melakukan terobosan, mengeksekusi rencana kerja dalam menghadapi tantangan di tahun 2022 dan 2023.

Sebagai CEO yang berusia 39 tahun, Alan Wang masuk ke dalam jajaran “Top Young CEO 2023”. Ada sejumlah kriteria bagi figur untuk masuk dalam daftar Top Young CEO ini. Kriteria itu di antaranya harus berusia di bawah 50 tahun pada 2023.

Kemudian, kinerja perusahaan terbilang bagus berdasarkan rating Infobank 2022 dan faktor capaian atau prestasi dari CEO terpilih. Kemudian menyakut jam terbang atau pengalaman sebagai leader, serta pertimbangan dari Dewan Redaksi Infobank.

Di usia yang relatif masih muda ini, Alan Wang membuktikan bahwa dirinya memiliki kemampuan dan kapabilitasnya diakui oleh shareholders. Kemampuannya tak kalah dengan para leader senior lainnya.

Kolaborasi yang terintegrasi dengan pemegang saham di era pasca pandemi merupakan kunci yang dipertahankan oleh Alan Wang dan jajaran direksi untuk menghadapi tantangan yang berubah setiap tahunnya.

Sekadar diketahui, di tahun ini, perusahaan masih fokus pada kegiatan usaha pembiayaan mobil baru khusus merek Wuling dan MG. Pembiayaan ini diharapkan dapat memberikan pengembalian yang tinggi dengan tingkat risiko yang aman.

Baca juga: Raih Fasilitas Green Loan USD10 Juta, Wuling Finance Fokus Pembiayaan ke Segmen Ini

Sepanjang tahun lalu, SGMW Multifinance Indonesia telah menyalurkan pembiayaan hingga Rp1,63 triliun. Angka ini naik 31% secara tahunan (year on year/yoy) dari sebelumnya Rp1,24 triliun di periode yang sama 2021.

Di periode yang sama, jumlah unit kontrak baru yang dicatatkan SGMW Multifinance Indonesia terdapat 6.951 unit kendaraan bermotor, 222 unit kendaraan listrik, dan 27 unit alat berat.

Jika diakumulasikan, total kontrak baru itu mencapai 7.200 unit hingga akhir 2022. Aset perusahan juga meningkat 32% yoy menjadi Rp2,73 triliun.

Sementara liabilitas yang ditanggung perusahaan sebesar Rp2,29 triliun dan ekuitas sebesar Rp437,65 miliar. Adapun, SGMW Multifinance membukukan peningkatan laba tahun berjalan sebesar 104% yoy menjadi Rp1,42 miliar. Naiknya laba itu ditopang oleh pendapatan yang tumbuh 78% yoy menjadi Rp317,76 miliar.

Di tahun lalu, SMGW Multifinance Indonesia mulai memberikan pembiayaan untuk pembelian kendaraan mobil listrik Wuling Air EV.

Kendaraan listrik besutan Wuling ini diproduksi pemegang saham PT SGMW Motor Indonesia. Sejalan dengan itu, perusahaan terus berkomitmen untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik di 2023. Selanjutnya mengikuti Road Map Pemerintah Indonesia Net Zero Carbon Emission 2060.

Mengutip Laporan Keberlanjutan 2022 SGMW Multifinance Indonesia, kepemilikan saham perusahaan yang berdiri sejak 2018 itu terdiri dari SAIC Motor HK Investment Ltd. sebesar 38%, PT SGMW Motor Indonesia sebesar 24%, General Motor Financial Company Inc. sebesar 19%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk. sebesar 19%. Perusahaan ini bergerak di bidang pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna, dan pembiayaan lain. (*) Ranu Arasyki Lubis

Related Posts

News Update

Top News