Top! Nilai Outstanding SRBI Sudah Capai Rp168,81 Triliun

Top! Nilai Outstanding SRBI Sudah Capai Rp168,81 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat hingga 21 November 2023 hasil lelang SRBI (Sekuritas Rupiah Bank Indonesia) atau nilai outstanding telah mencapai Rp168,81 triliun.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, angka tersebut didorong oleh aliran investasi portofolio asing sebesar Rp27,25 triliun.

“Lelang SRBI hingga 21 November 2023 telah mencapai Rp168,81 triliun, yang antara lain didorong oleh aliran investasi portofolio asing sebesar Rp27,25 triliun,” ujar Perry dalam Konferensi Pers RDG, Kamis 23 November 2023.

Baca juga: SRBI jadi Instrumen Alternatif Sedot Investasi Asing

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti pun menambahkan bahwa SRBI telah diperdagangkan di pasar sekunder sebesar 30 persen atau mencapai Rp50 triliun.

“Ini memang arah kita untuk menciptakan instrumen yang pro market, jadi itu menggerakan pasar. Sehingga di pasar sekunder itu sudha terjadi peralihan atau transaksi hinggamencapai Rp50 triliun atau sekitar 30 persen,” kata Destry.

Selain itu, SRBI juga telah menarik inflow atau aliran masuk modal asing yang dapat menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Baca juga: Mantap! Aliran Modal Asing Masuk Rp7,33 Triliun ke RI

“Ini juga yang menarik sesuai arah kami menerbitkan SRBI menarik inflow masuk dan sekarang kita lihat asing sudah Rp27 triliun atau sudah sekitar 15,2 persen. Ini kurang lebih perkembangan dari berragai instrumen dan kebijakan yang kami lakukan terkait stabilisas rupiah,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News