Tobat! Ada Sekitar 200 Agen Asuransi Bermasalah

Tobat! Ada Sekitar 200 Agen Asuransi Bermasalah

Komitmen Perlindungan Jiwa Prudential Indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, dari sebanyak 600 ribu agen asuransi jiwa yang memiliki lisensi, sekitar 200 agen dilaporkan bermasalah. Jumlah agen bermasalah tersebut dilaporkan oleh perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan karena melanggar kode etik agen asuransi jiwa.

“Saya lupa jumlah pastinya, kalau gak salah di atas 200-an orang. Perusahaan waktu mendaftarkan agen-agen ini agar masuk ke daftar itu (agen bermasalah) harus memberikan bukti. Kalau dilihat juga kasus-kasusnya beragam,” ujar Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu, dalam Media & Public Discussion InfobankTalkNews dengan tema “Pentingnya Proteksi Asuransi, Jangan Salah Memilih Unit Link” Jumat, 28 Januari 2022.

Togar melanjutkan, dari daftar agen-agen bermasalah yang tercatat dalam database AAJI, nantinya tidak akan bisa direkrut atau masuk menjadi agen perusahaan asuransi manapun. Database yang ada di AAJI ini juga telah terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Jadi kalau misalnya orang ini terdaftar, dan ini tidak bisa direkrut untuk menjadi agen perusahaan asuransi manapun. Sebagai info, database itu link terhadap Dukcapil. Mestinya data tersebut nggak ada yang fraud, nggak ada yang palsu,” katanya.

Terlepas dari itu, Togar menegaskan bahwa masih banyak agen-agen asuransi jiwa lainnya yang tetap memiliki hati nurani dan menerapkan praktik pemasaran produk asuransi dengan baik dan sesuai kode etik agen asuransi jiwa.

“Bagaimanapun juga yang baru-baru ini terjadi dengan cerita misselling, lalu targetnya berbeda dan sebagainya itu bisa membuat prihatin beberapa agen-agen baik. Jadi jangan pikir dari 600 ribu (agen itu) nggak ada yang pinter dan baik ya. Ada kok agen-agen yang pintar dan baik, agen-agen yang menggunakan nuraninya dalam berpraktik,” ungkapnya. (*) Bagus Kasanjanu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]